Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fakta Dan Info Menarik Wacana Intan (Diamond)

Intan yaitu mineral yang sangat menarik lantaran sangat tahan terhadap banyak sekali jenis pelapukan. Intan adalah sesuatu yang langka, yang terjadi secara alamiah dan disusun oleh elemen karbon (C). Beberapa jenis intan terbentuk dari zona subduksi, impact asteroid, bahkan ada yang berasal dari meteorit. Di bawah ini disajikan fakta dan informasi menarik perihal intan yang wajib kau ketahui.

Intan Merupakan Mineral yang Paling Keras
Dengan kekerasan sepuluh pada Skala Mohs, intan yaitu mineral yang paling keras. Akibatnya, satu-satunya alat yang bisa dipakai untuk memotong intan harus dibentuk dari intan itu sendiri (dari jenis yang berbeda).

Amerika Serikat Konsumen Intan No 1
Amerika Serikat yaitu konsumen terkemuka di dunia kerikil permata. Pada tahun 2014 negara itu mengkonsumsi sekitar $ 22,500,000,000 kerikil berkualitas permata. Nilai tersebut sama artinya dengan 35% dari produksi permata intan di dunia.

India Produsen Pertama Intan Secara Komersial
Berlian pertama kali ditemukan di India sekitar 2400 tahun yang lalu, dan India yaitu produsen komersial pertama intan. Negara ini mendominasi produksi intan komersial ketika itu sampai berakhir pada ketika inovasi deposit besar-besaran intan di Amerika Selatan pada tahun 1730.

Nilai 4 "C" dalam Intan dan istilah "Fancy Diamonds"
Nilai sebuah berlian yaitu menurut 4 "C" yaitu Carat (karat), Clarity (kejelasan), Colorless (warna), dan Cut Quality (kualitas pemotongan-nya). Kebanyakan intan hadir dalam banyak sekali warna, dari berwarna jernih, kuning, sampai coklat. Semakin berwarna maka nilainya akan semakin tinggi. Beberapa jenis intan alami berada pada rentang warna khas putih-kuning-coklat, atau dengan rona pink, biru, ungu, merah, ataupun oranye. Pencinta intan sangat menyukui rona menyerupai ini, lantaran rona tersebut sangat prestisi untuk dimiliki. Intan dengan rona tersebut sering disebut sebagai "Intan Mewah" (Fancy Diamonds).

Penyebab Warna dalam Intan
Seperti pada kerikil permata lainnya, varian warna dalam intan sanggup disebabkan oleh unsur pengotor, panas, ataupun radiasi. Nitrogen di batuan akan menyebabkan warna kuning. Iradiasi sanggup menghasilkan warna hijau. Iradiasi apabila digabungkan dengan pemanasan sanggup menghasilkan hampir semua jenis warna.

Intan yaitu Permata dari Panas dan Tekanan
Intan merupakan mineral yang terbentuk pada suhu dan tekanan tinggi. Mereka tidak terbentuk secara alami di permukaan bumi atau pada kedalaman yang dangkal. Lingkungan pembentukan intan berada pada mantel bumi, sekitar 100 mil (160 km) di bawah permukaan.

Intan yaitu mineral yang sangat menarik lantaran sangat tahan terhadap banyak sekali jenis pelap Fakta dan Informasi Menarik Tentang Intan (Diamond)
Sifat fisik intan dan macam-macam lingkungan pembentukannya.

Intan merupakan Polimorf Karbon (C)
Polimorf berarti "banyak bentuk", intan dan grafit yaitu contohnya. Mereka sama-sama tersusun atas unsur karbon, tetapi mempunyai sifat yang berbeda. Perbedaan ini dihasilkan dari struktur kristal dan jenis ikatan antara atom karbon mereka (lihat perihal kekhasan atom karbon).

Intan Sintetis untuk Industri
Orang-orang telah bisa memproduksi intan semenjak 1950-an. Pada awalnya, biaya untuk memproduksi intan sangatlah tinggi. Namun sekarang, lebih dari 100 ton intan sintetis diproduksi setiap tahunnya. Sebagian besar jenis intan ini dipakai untuk menciptakan alat pemotong dan sebagai materi abrasive.

Deposit Intan Terbesar
Deposit intan terbesar yang diketahui ketika ini yaitu di Kawah Popigai di Rusia. Diduga, deposit ini terbentuk tanggapan "impact" asteroid yang menyalurkan panas dan energi untuk mengkonversi karbon di permukaan menjadi intan.

Intan Sintetis untuk Perhiasan
Orang-orang telah berhasil menciptakan intan sintetis untuk dipakai dalam perhiasan. Hasilnya, sebuah potongan materi yang menyerupai dengan intan alami. Kemiripan ini sangat sulit untuk dibedakan, bahkan oleh gemologists berpengalaman sekalipun. Perbedaannya hanya sanggup diidentifikasi dengan melaksanakan tes laboratorium.

Tambang Intan Terpopuler
Intan yang paling terkenal di dunia ditemukan di tambang intan Cullinan di Provinsi Gauteng Afrika Selatan (lihat disini Peta Afrika Selatan). Tambang ini pernah menghasilkan intan seberat 507 karat yang diberi nama Intan "Cullinan Heritage". Intan tersebut mempunyai kualitas dan clarity yang ekstrim.

Kanada sanggup memimpin Produksi Intan di Masa Depan ??
Tambang intan kualitas komersial di Kanada pertama kali diproduksi pada masa 1990-an. Sejak ketika itu, beberapa tambang intan di Kanada telah menjadi produsen terkemuka di dunia.

Kamu sanggup menambang Intan di kawasan ini !
Hanya ada satu tambang intan di dunia, dimana setiap orang sanggup menjadi penambang. Tambang tersebut berada di "kawah Intan State Park" di Arkansas. Hanya dengan membayar beberapa dolar saja, kau sanggup menambang selama sehari dan berhak membawah pulang hasil yang anda peroleh.

Intan dari Luar Angkasa
Intan yang berasal dari ruang angkasa banyak ditemukan di beberapa meteorit dan tanggapan impact meteorit dengan bumi. Diperkirakan tumbukan yang berpengaruh menghasilkan panas dan tekanan tinggi sehingga bisa mengubah karbon di permukaan bumi menjadi intan.

Intan Oktahedral
Banyak intan yang dipotong mempunyai bentuk geometris. Kristal intan alami ini umumnya berada dalam bentuk segi delapan. Bentuk ini menyerupai dengan dua piramida empat sisi terhubung pada serpihan dasarnya yang menghasilkan padatan geometris dalam delapan bentuk.

Intan untuk Pengeboran (Drilling)
Pengeboran sumur minyak dan gas pada kedalaman ratusan sampai ribuan meter akan melalui batuan-batuan yang keras, sehingga membutuhkan mata bor (bit) yang juga harus keras. Intan kecil yang tertanam di permukaan bit mempunyai kegunaan untuk menghadapi kondisi demikian.

Baca juga: Placer Intan dan Sejarah Penambangannya

Intan merupakan permata dengan 1 Elemen
Intan mempunyai komposisi sederhana, lantaran mereka hanya terdiri dari karbon (C). Intan yaitu satu-satunya kerikil permata yang tersusun hanya satu elemen. Jejak elemen lain yang ada didalam intan hanya sebagai pengotor yang berfungsi memperlihatkan varian warna.

Rekor Harga Intan Kasar (Rough Diamond)
Harga tertinggi yang pernah dibayarkan untuk sebuah berlian bergairah yaitu $ 35.300.000. Rekor ini dipegang oleh Chow Tai Fook, perusahaan suplemen terbesar di Hong Kong dengan membeli intan "Cullinan Heritage" seberat 507 karat pada tahun 2010.

Amerika Serikat hanya mempunyai 1 Tambang Intan
Meskipun Amerika Serikat yaitu konsumen terbesar dari permata intan, namun bergotong-royong amerika dikatan hampir tidak mempunyai tambang intan. Satu-satunya tambang intan di amerika serikat berada di sebuah taman negara, dimana wisatawan sanggup membayar biaya per hari untuk mencari intan di lokasi tersebut. Produksi intan dari lokasi ini hanya menghasilkan beberapa ratus karat per tahun.

Posting Komentar untuk "Fakta Dan Info Menarik Wacana Intan (Diamond)"