Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Burung Poksai Kuda

Poksai kuda (Garrulax rufifrons) yaitu burung endemik jawa barat dan jawa tengah yang cukup langka. Burung ini mempunyai persebaran yang terbatas pada hutan-hutan primer dengan ketinggian lebih dari 1000 mdpl. Burung poksai kuda yaitu burung berukuran agak besar, lebih kurang 27 cm dari ujung paruh sampai ujung ekor.

 yaitu burung endemik jawa barat dan jawa tengah yang cukup langka Burung Poksai Kuda
Burung poksai kuda

Burung ini mempunyai warna badan kecoklatan dengan dahi dan dagu kemerahan. Pada pecahan sayapnya kadang kala mempunyai warna coklat yang lebih gelap dibandingkan tubuhnya, sedangkan kawasan lehernya mempunyai warna coklat muda cenderung pucat. Salah satu ciri khas burung ini yaitu ekornya yang panjang dan tubuhnya yang gempal. Tidak ada perbedaan morfologi antara poksai kuda jantan dan betina.

Di habitatnya, mereka sering muncul dalam kelompok kecil mencari makan dan terbang kesana-kemari. Makanan alami burung ini yaitu serangga-serangga kecil yang ada di pohon dan semak-semak. Burung ini mempunyai bunyi yang cukup menarik sehingga menyebabkan banyak orang tertarik untuk menangkap dan memeliharanya.

Poksai kuda tidak gampang terganggu dengan kehadiran jenis burung lain di dekatnya. Mereka cukup tenang dengan jenis burung lain dikala mencari makan di satu pohon yang sama. Persebarannya di jawa memang sangat terbatas, namun di habitatnya mereka cukup gampang dijumpai sebab ukurannya yang cukup besar.

Posting Komentar untuk "Burung Poksai Kuda"