Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berkenalan Dengan Famili Ranidae Katak

Ranidae merupakan katak yang sangat umum ditemukan di aneka macam kepingan dunia. Mereka disebut sebagai "true frog" atau katak sebetulnya dan merupakan katak yang paling gampang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Anggota famili ini hidup di semua benua kecuali antartika. Ranidae mempunyai ciri khas berupa kulit yang halus dan lembab, kaki yang kuat, serta kaki belakang yang berselaput untuk membantunya berenang.

Katak dari famili ini umumnya hidup tidak jauh dengan perairan, namun ada juga yang hidup di pohon dan mengubur diri dalam tanah. Mereka akan bertelur di air dan menetas menjadi kecebong yang lalu mengalami metamorfosis menjadi katak.

Ranidae merupakan katak yang sangat umum ditemukan di aneka macam kepingan dunia Berkenalan dengan Famili Ranidae Katak
Kongkang bak (Hylarana chalconota)

Metamorfosis diawali dengan munculnya kaki belakang, kaki depan, terbentuk badan katak, dan diakhiri dengan menghilangnya ekor sedikit demi sedikit. Ekor tersebut tidak terputus, namun sel-selnya melaksanakan penghancuran diri sendiri bertahap sampai balasannya ekor tersebut seperti semakin pendek dan menghilang.

Terdapat lebih dari 600 jenis katak yang masuk famili ranidae dengan ukuran badan yang bervariasi. Ranidae terkecil merupakan jenis Lithobates sylvatica, sedangkan yang terbesar yaitu Conraua goliath. Ranidae kecil merupakan pemakan serangga, sedangkan jenis yang berukuran besar sanggup memangsa tikus dan vertebrata lain.

Hylarana chalconota atau kongkang bak yaitu katak kecil yang cukup umum di Jawa. Mereka biasa ditemukan di erat air, baik sungai, sawah, maupun bak ikan di sekitar rumah.

Conraua goliath atau katak goliath merupakan ranidae terbesar yang ukuran tubuhnya sanggup mencapai 32 cm dengan berat 3,25 kg. Katak goliath mempunyai persebaran yang sangat terbatas di sekitar Kamerun. Katak goliath akan bertelur di sekitar teladas dan mempunyai ukuran kecebong yang luar biasa besar.

Posting Komentar untuk "Berkenalan Dengan Famili Ranidae Katak"