Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berkenalan Dengan Famili Pipidae Katak

Pipidae yaitu famili katak primitif yang mempunyai badan pipih, tidak ibarat katak lain yang umumnya bertubuh gempal. Katak ini hidup di Afrika dan Amerika Selatan, namun satu jenis sanggup hidup di Indonesia, yaitu Xenopus laevis. Terdapat 4 genus dan 41 jenis katak yang masuk dalam famili ini.

Ciri utama pipidae yaitu tubuhnya yang pipih secara dorsoventral dan tidak mempunyai lidah. Kaki belakangnya berselaput untuk mempermudah pergerakan di dalam air. Katak ini tetap mempunyai garis lateral sampai dewasa, garis lateral dipakai untuk mendetaksi pergerakan dan tekanan air di sekitarnya. Katak ini tidak mempunyai pita suara, namun sanggup menghasilkan bunyi dari bab khusus di larinknya.

Pipidae yaitu famili katak primitif yang mempunyai badan pipih Berkenalan dengan Famili Pipidae Katak
Katak Suriname (Pipa pipa)

Pipidae lebih banyak menghabiskan waktu di dalam air. Mereka menghasilkan bunyi untuk menarik pasangan kawinnya yang sanggup didengar oleh lawan jenisnya di dalam air. Katak ini mempunyai telinga khusus yang memudahkannya mendeteksi bunyi dalam air. Pipidae akan kawin di dalam air dengan melaksanakan pergerakan-pergerakan khusus dan mengeluarkan telurnya dalam air. Beberapa spesies akan meletakkan telur pada punggung katak betina dan si betina akan menjaganya sampai menetas.

Katak Suriname (Pipa-pipa) merupakan pipidae yang sangat terkanal alasannya yaitu keunikannya dalam berkembang biak. Betina akan bertelur dan dengan di bantu si jantan akan meletakkan telur di punggung betina. Telur-telur tersebut lalu akan dibungkus dengan selaput kulit untuk menjaga telur dan embrio di dalamnya. Bagian paling menarik dalam reproduksi ini yaitu saat katak-katak kecil keluar bantu-membantu dari lubang di punggung betina untuk hidup bebas di alam liar.

Posting Komentar untuk "Berkenalan Dengan Famili Pipidae Katak"