Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berkenalan Dengan Famili Megophryidae Katak

Katak dalam famili Megophryidae dikenal dengan sebutan katak serasah sebab umumnya mempunyai warna mirip sampah daun. Katak-katak ini berukuran kecil mulai dari 2 sampai 12,5 cm dan umumnya hidup di lantai hutan. Terdapat 9 genus dan 180 jenis dalam famili Megophryidae. Katak ini sanggup ditemukan mulai dari India, Pakistan, dan Asia Tenggara.

Mereka mempunyai morfologi dan warna yang serupa dengan daun-daun yang berguguran, ini merupakan bentuk kamuflase untuk melindungi diri dari pemangsa. Bila dilihat dari atas, tubuhnya mirip dengan daun-daun kering yang telah berguguran. Bahkan spesies Megophrys nasuta mempunyai tonjolan epidermis yang mirip dengan tulang-tulang daun.

Katak dalam famili Megophryidae dikenal dengan sebutan katak serasah sebab umumnya memili Berkenalan dengan Famili Megophryidae Katak
Megophrys nasuta

Seperti katak pada umumnya, famili megophryidae merupakan binatang nocturnal. Mereka aktif di malam hari dan makan berupa serangga-serangga kecil yang sanggup ditangkapnya. Katak ini udik dalam melompat, kebanyakan lebih menentukan berjalan daripada melompat. Salah satu ciri utama katak ini yaitu lidahnya yang bentuknya ibarat dayung.

Genus Megophrys merupakan anggota famili megophryidae yang terkenal karena mempunyai perpanjangan mirip tanduk di ujung mata dan hidungnya, sehingga sering disebut sebagai bangkong bertanduk. Berudu dari megophryidae sanggup ditemukan di aneka macam lingkungan, mulai dari anutan sungai, kolam, dan genangan air lain di hutan.

Posting Komentar untuk "Berkenalan Dengan Famili Megophryidae Katak"