Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Batuan Andesit Dan Proses Pembentukannya

Apa Itu Batu Andesit?

Andesit yaitu nama salah satu batuan beku ekstrusif yang tersusun atas butiran mineral yang halus (fine-grained). Batuan beku ekstrusif ini biasanya ringan dan berwrna abu-abu gelap. Pada kondisi cuaca tertentu, Andesit sering terlihat berwarna coklat sehingga untuk mengidentifikasinya perlu dilakukan investigasi yang lebih detail. Andesit kaya akan mineral plagioklas feldspar dan biasanya mengandung biotit, piroksen, atau amphibole.

Nama Andesit berasal dari Pegunungan Andes di Amerika Selatan. Andesit di pegunungan Andes terbentuk sebagai lava "interbedded" bersamaan dengan deposit bubuk vulkanik (ash) dan tufa di bab sisi-sisi stratovolcano yang curam. Stratovolcano andesit ditemukan di atas zona subduksi di Amerika Tengah, Meksiko, Washington, Oregon, Jepang (lihat disini Peta Jepang), Indonesia, Filipina, Karibia, Selandia Baru, dan dibeberapa lokasi lainnya.

 Andesit yaitu nama salah satu batuan beku ekstrusif yang tersusun atas butiran mineral y Batuan Andesit dan Proses Pembentukannya
Gambar macam-macam batuan andesit.

Bagaimana Proses Terbentuknya Batuan Andesit ?

Andesit ditemukan dalam aliran lava yang dihasilkan oleh stratovulkano. Lava yang naik ke ke permukaan akan mengalami proses pendinginan dengan cepat, hal inilah yang menyebabkan tekstur andesit menjadi lebih halus. Butir mineral dalam andesit biasanya sangat kecil sehingga tidak sanggup dilihat tanpa memakai alat pembesar. Beberapa jenis andesit mengandung sejumlah besar "glass", dan ada juga yang terlihat jejak lava gas vesikular dengan tekstur amigdaloidal.

Andesit yaitu batuan umum kerak benua yang biasanya berada di atas zona subduksi. Andesit umumnya terbentuk sesudah "melting" (pelelehan/pencairan) lempeng samudera tanggapan subduksi. Subduksi yang menyebabkan "melting" pada zona ini merupakan sumber magma (lihat apa itu magma?) yang apabila naik ke permukaan akan membentuk Andesit.

Andesit juga sanggup terbentuk jauh dari lingkungan zona subduksi. Sebagai contoh, batuan ini sanggup terbentuk pada "ocean ridges" dan "oceanic hotspots" yang dihasilkan dari "pelelehan sebagian" (partial melting) batuan basaltik. Andesit juga sanggup terbentuk selama letusan pada struktur dalam lempeng benua dimana magma sumber meleleh dalam kerak benua atau bercampur dengan magma benua. Kesimpulannya, ada banyak lingkungan lain dimana andesit mungkin sanggup terbentuk.

Pengertian Andesit Porfiri ?

Kadang-kadang andesit terlihat mengandung kristal plagioklas, amphibole, atau piroksen yang berukuran besar. Kristal-kristal besar ini dikenal sebagai "fenokris". Mereka mulai terbentuk dikala magma yang mengalami pendinginan di bawah permukaan mendekati suhu kristalisasi dari mineral-mineral tersebut. Kristalisasi mineral pada suhu tinggi ini mulai terbentuk di bawah permukaan dan tumbuh menjadi kristal besar sebelum magma meletus.

Ketika magma meletus atau keluar ke permukaan bumi sisa lelehan magma yang belum sempat terkristal tadi akan mengkristal dengan cepat tanggapan suhu dipermukaan yang lebih dingin. Hasil akhirnya, ini akan menghasilkan batuan dengan dua ukuran kristal yang berbeda. Kristal besar yang terbentuk perlahan-lahan dibawah permukaan (dikenal sebagai "fenokris"), dan kristal kecil yang terbentuk dengan cepat di permukaan (dikenal sebagai "groundmass"). "Andesit porfiri" yaitu nama yang dipakai untuk batuan dengan dua ukuran kristal yang berbeda.

Definisi Andesit Sering Kaprikornus Permasalahan

Banyak peneliti telah mengklasifikasikan batuan beku menurut kimia dan komposisi mineralogi. Namun, semua pembagian terstruktur mengenai tersebut belum dicapai satu akad untuk definisi baku dari Andesit. Untuk batuan bertekstur halus menyerupai andesit, pembagian terstruktur mengenai batuan beku yang ada mustahil dipakai secara sempurna di lapangan ataupun dalam pembelajaran mahasiswa/siswa. Batuan Andesit membutuhkan analisis kimia atau mineral yang lebih spesifik.

Jika Anda menyidik batuan yang tampak menyerupai andesit, tetapi Anda tidak yakin bahwa itu memenuhi pembagian terstruktur mengenai mineralogi atau kimia andesit, maka Anda sebaiknya menyebut batuan tersebut sebagai "Andesitoid". Itu berarti bahwa untuk sementara batuan tersebut tampak menyerupai andesit, investigasi atau pengujian kimia mikroskopis mungkin akan mengambarkan lain.

Posting Komentar untuk "Batuan Andesit Dan Proses Pembentukannya"