Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Dinosaurus Dapat Menjadi Fosil?

Sebagai binatang yang hidup berjuta-juta tahun yang lalu, yang tersisa dari dinosaurus ketika ini yakni fosil dan jejak kakinya saja. Dari fosil dan jejak kaki inilah ilmuwan mengumpulkan gosip untuk memecahkan misteri kehidupan dinosaurus dimasa lalu. 

Beberapa fosil ditemukan dalam keadaan utuh, namun banyak yang lainnya yang sudah rusak dan sulit diidentifikasi. Fosil-fosil utuh yang ditemukan dirangkai kembali untuk mengetahui bentuk dari binatang tersebut ketika masih hidup. Pertanyaan yang sering muncul yakni bagaimana sanggup seekor dinosaurus sanggup menjadi fosil?

Fosil dinosaurus dalam batuan

Fosil yakni sisa tulang belulang binatang atau sisa flora zaman purba yg telah membatu dan tertanam di bawah lapisan tanah. Tidak semua binatang dan flora yang mati sanggup menjadi fosil, banyak diantaranya yang membusuk seluruhnya sehingga hancur tak berbekas. Beberapa syarat diharapkan semoga seekor bangkai sanggup menjadi fosil.

Langkah-langkah dari dinosaurus mati sampai terbentuk fosil yakni sebagai berikut.
  • Dinosaurus mati kemudian terbenam di sungai yang dangkal.
  • Beberapa ahad kemudian semua dagingnya anyir dan hanya meninggalkan tulangnya saja.
  • Lumpur menutupi tulang tersebut sehingga mengakibatkan oksigen tidak sanggup mencapai kawasan dimana ada tulang tersebut. Tidak adanya oksigen mengakibatkan pembusukan tulang tidak terjadi.
  • Lumpur terus-menerus menutupi permukaan tulang sampai semakin tinggi. Mineral yang ada di lumpur terbawa oleh air dan meresap ke dalam tulang sehingga menciptakan tulang tersebut menjadi keras dan membatu.
  • Setelah berjuta-juta tahun, lumpur tersebut menjelma batuan yang keras dan muncul di permukaan bumi.
  • Terkadang terjadi abrasi pada batuan tersebut sehingga fosil di dalam batuan tersebut sanggup muncul dan mengakibatkan banyak orang mengeksplorasi fosil tersebut.
Proses penggalian fosil

Tidak semua binatang mati akan memfosil, dan dibutuhkan proses berjuta-juta tahun supaya fosil itu sanggup terbentuk. Fosil yang tersisa merupakan gosip terakhir yang ditinggalkan dinosaurus untuk generasi ketika ini. Harimau mati meninggalkan kulit, gajah mati meninggalkan gading, dan dinosaurus mati meninggalkan fosil.

Posting Komentar untuk "Bagaimana Dinosaurus Dapat Menjadi Fosil?"