Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peta Dan Profil Negara Inggris (United Kingdom)

Negara Inggris (United Kingdom) terletak di Eropa Barat. Inggris mempunyai panjang garis perbatasan 443,00 km yang berbatasan pribadi dengan Irlandia. Inggris terlibat dalam sengketa wilayah dengan Gibraltar dan Argentina.

Inggris merupakan salah satu negara di Benua Eropa dengan luas wilayah 243.610,00 km2, dimana 0,69% yaitu perairan dan 241.930,00 km2 yaitu daratan. Kawasan ini meliputi Rockall dan Shetland Islands. Hal ini menjadikannya negara terluas ke-81 di dunia atau dua kali ukuran luas Pennsylvania; sedikit lebih kecil dari Oregon. Koordinat geografis negara ini yaitu 54 00 N, 2 00 W dan London yaitu ibukota nya.

Istilah "Great Britian" berasal dari kala pertengahan, dan dipakai untuk membedakannya dari Brittany, di Perancis. Kode ISO negara Inggris yaitu GB.

Baca juga: Peta dan Profil Negara Argentina

Peta Negara Inggris

Dibawah ini disajikan posisi (letak) negara Inggris dalam peta dunia, lengkap dengan perbatasan antar negaranya, nama-nama kota di Inggris, dan beberapa lokasi penting di negara ini.

 Inggris mempunyai panjang garis perbatasan  Peta dan Profil Negara Inggris (United Kingdom)

Negara yang berbatasan dengan Inggris: Irlandia.

Kota-kota di Inggris:  Antrim, Aberdeen, Aberystwyth, Armagh, Belfast, Ballycastle, Barnsley, Birmingham, Caernarfon, Boumemouth, Bristol, Cambridge, Canterbury, Carmarthen, Chelmsford, Cardiff, Carlisle, Cheltenham, Coleraine, Cookstown, Chester, Chichester, Cupar, Doncaster, Dumfries, Dorchester, Downpatrick, Dundee, Durham, Edinburgh, Exter, Grimsby, Hamilton, Falkirk, Glasgow, Gloucester, Hertford, Inverness, Kirkwall, Lame, Leicester, Lewes, Lincoln, Liverpool, London, Maidstone, Stroud, Swansea, Wakefield, Ipswich, Kingston upon Hull, Manchester, Mansfield, Matlock, Mold, Motherwell, Newcastle Upon Tyne, Newport, Newry, Norwich, Warwick, West Bromwich, Nottingham, Oxford, Perth, Newton Saint Boswells, Northallerton, Northhampton, Plymouth, Preston, Reading, Scarborough, Shrewsbury, South Shields, Reigate, Saint Andrews, Salisbury, Stafford, Thurso, Trowbridge, Truro, Stockport, Stornoway, Winchester, Wokingham dan York.

Lokasi Penting di Inggris: Samudera Atlantik, Bristol Channel, English Channel, Cardigan Bay, Laut Celtic, Firth of Lorn, Laut Irish, Loch Katrine, Loch Laggan, Loch Lomond, Loch Ness, Kilbrannan Sound, Loch Ericht, Loch Rannoch, Pantai Morecambe, North Channel, North Sea, Loch Tommel, Pantai Lyme, Sea of the Hebrides, Strait of Dover, Solway Firth, St. George's Channel dan Pantai Wigtown.

Profil Negara Inggris

Dibawah ini merupakan profil negara Inggris yang meliputi geografi, populasi, pemerintahan, ekonomi, sumberdaya alam, ancaman alam (natural hazard), dan info lingkungannya.

Geografi
Inggris mempunyai ketinggian rata-rata 162 m dpl. Elevasi terendahnya yaitu The Fens yang berada di bawah permukaan laut. Elevasinya yang tertinggi yaitu Ben Nevis yang tingginya 1.343m. Pulau-pulaunya mempunyai iklim subtropis dan tropis. Daerah ini sebagian besar terdiri dari perbukitan terjal dan pegunungan rendah, yang bermetamorfosis dataran di timur dan tenggara.

Baca juga: Peta dan Profil Negara Amerika Serikat (USA)

Jumlah Penduduk (Populasi)
Inggris mempunyai populasi 64.430.428 orang, sehingga menjadikannya negara dengan jumlah penduduk terbesar ke-22 di dunia. Sebagian besar penduduk tinggal dalam jarak yang cukup jauh dari London. Bahasa Inggris yaitu bahasa yang paling sering digunakan. Kelompok etnis yang paling banyak dilaporkan yaitu berkulit putih. Sebagian besar penduduk beragama Katolik Protestan, serta cukup banyak yang teridentifikasi sebagai non-religius. Kode panggilan untuk negara ini yaitu 44.

Pemerintahan
Inggris yaitu negara merdeka. "The Royal and Parliamentary Titles Act" mendirikan Kerajaan Inggris Raya dan Irlandia Utara pada tahun 1927. Inggris tidak mempunyai dokumen khusus atau yang biasa disebut sebagai konstitusi. Sistem pemerintahan negara ini yaitu Monarki konstitusional parlementer; sebuah wilayah Persemakmuran.

Ekonomi
GDP (PPP) Inggris yaitu $2,790,000,000,000.00 (USD) dengan GDP per kapita $42,500.00 (USD). Hal ini menjadikannya sebagai negara dengan tingkat ekonomi terbesar ke-9 serta warganya terkaya ke-37 di dunia. Mata uang Inggris yaitu Pound (GBP).

Mitra ekspor utamanya yaitu Amerika Serikat, Jerman, dan Swiss. Ekspor utamanya yaitu barang-barang manufaktur, materi bakar, materi kimia, dan makanan. Mitra impor utamanya yaitu Jerman, China, dan Amerika Serikat. Impor utamanya meliputi barang-barang manufaktur, mesin, materi bakar, dan materi makanan.

Sumberdaya Alam
Inggris mempunyai materi bakar fosil batubara, minyak bumi dan gas alam. Sumber daya logam di dalam negeri termasuk bijih besi, timbal, timah, seng dan emas. Sumber daya alam lainnya yang ada juga meliputi garam, gipsum, kalium, kapur, tanah liat, pasir silika, kerikil tulis, kerikil gamping dan lahan subur.

Baca juga: Peta dan Profil Negara Rusia

Bahaya Alam
Inggris mempunyai beberapa ancaman alam, yang meliputi banjir, dan angin ribut angin ekspresi dominan masbodoh (winter windstorms).

Isu Lingkungan
Meskipun Inggris mempunyai duduk kasus lingkungan, tetapi mereka selalu berusaha mengurangi duduk kasus tersebut. Pada tahun 2005 pemerintah telah mengurangi jumlah limbah industri dan komersial yang dibuang di daerah pembuangan simpulan menjadi 85% dari tahun 1998, dengan mendaur ulang atau mengomposkan setidaknya 25% limbah rumah tangga. Tujuannya yaitu untuk meningkatkan tingkat daur ulang/kompos menjadi 33% pada tahun 2015.

Selain itu, Inggris terus mengurangi emisi gas rumah kaca. Negara ini telah memenuhi sasaran Protokol Kyoto yaitu dengan tingkat pengurangan emisi 12,5% mulai dari tahun 1990, dan bermaksud untuk memenuhi sasaran yang mengikat secara hukum, yaitu pengurangan 20% emisi.

Posting Komentar untuk "Peta Dan Profil Negara Inggris (United Kingdom)"