Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Komposisi Inti Bumi

Komposisi Inti Bumi - Inti Bumi terdiri dari adonan logam berat menyerupai besi dan nikel dengan sedikit unsur lain menyerupai welirang dan silikon. Beberapa hipotesis yang menyertai pernyataan tersebut yaitu sebagai berikut:

  1. Komposisi logam berat dalam inti bumi konsisten dengan data gelombang seismik.
  2. Adanya persamaan daypikir bahwa komposisi meteorit dan material yang membentuk bumi yaitu besi.
  3. Analisis matematika yang mengatakan densitas keseluruhan bumi dan lapisan-lapisan interior bumi sama dengan inti bumi, yaitu disusun oleh adonan besi-nikel.


Baca juga: Struktur Bumi Menurut Perspektif Geologi


 Inti Bumi terdiri dari adonan logam berat menyerupai besi dan nikel dengan sedikit unsur l Komposisi Inti Bumi
Tabel di atas menunjukkan volume dan massa bagian-bagian bumi (Mason, 1958) dan komposisi bagian-bagian bumi dalam persen berat (Mason, 1966).Pemahaman komposisi inti bumi didapat dari densitas berdasarkan sikap gelombang seismik. Rata-rata densitas inti bumi diperkirakan mencapai 10,7 g/cm3 hanya sanggup dijelaskan sebagai materi yang tersusun oleh suatu logam berat dan kemungkinan juga terdapat sejumlah nikel. Berhubungan logam berat yang paling banyak dijumpai di Bumi dan di meteorit yaitu besi, maka cukup beralasan bahwa inti bumi tersusun secara lebih banyak didominasi oleh logam besi.


 Inti Bumi terdiri dari adonan logam berat menyerupai besi dan nikel dengan sedikit unsur l Komposisi Inti Bumi
Gambar struktur dalam bumi berdasarkan beberapa peneliti.

Hasil percobaan gelombang getar membatasi susunan utama pada kedua inti luar dan inti dalam bumi terhadap adonan unsur-unsur menyerupai Fe, Ni, V, dan Co. Secara kosmokimia dan sintesis inti menunjukkan bahwa hanya unsur Fe yang cukup melimpah untuk membentuk bab utama inti bumi di dalam sistem tata surya.

Baca juga: Massa, Volume, dan Komposisi Bumi


 Inti Bumi terdiri dari adonan logam berat menyerupai besi dan nikel dengan sedikit unsur l Komposisi Inti Bumi
Perkiraan Komposisi Inti Bumi (Condie, 1982).

Persamaan dengan meteorit mengatakan bahwa di dalam inti bumi terdapat adonan Fe-Ni yang didominasi Fe sebagai penyusun utama inti bumi. Bagian dalam inti bumi yang bersahabat titik lebur atau sebagian melebur tanpa kandungan unsur-unsur ringan dan mungkin diperkaya Ni kalau dibandingkan dengan bab luar inti bumi. Data gelombang getar mengatakan bahwa bab luar inti bumi mengandung 5-15% satu atau lebih unsur-unsur menyerupai H, C, N, O, Si, dan S (Brett, 1976 dalam Condie, 1982).

Posting Komentar untuk "Komposisi Inti Bumi"