Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

#3 Ciri Khas Danau Tektonik Serta Pemanfaatannya

Air merupakan salah satu sumber daya alam yang paling besar lengan berkuasa pada kehidupan manusia. Tanpa adanya air, maka insan tidak akan bisa hidup. Karena begitu penting pengaruhnya, maka kelestarian air harus dijaga. Sumber mata air bisa berasal dari mana saja salah satunya ialah danau. Banyak jenis danau yang ada di Indonesia ibarat danau tektonik, danau vulkanik, danau glasial, danau buatan, dan lain-lain.

Jenis danau dibedakan menurut pada proses pembentukannya. Secara umum, danau merupakan bentuk cekungan besar yang ada di permukaan bumi yang digenangi oleh air. Peristiwa terbentuknya cekungan bisa disebabkan oleh banyak hal. Cekungan  yang terbentuk karena  adanya gerakan tektonik berupa pergeseran kulit bumi akan membentuk sebuah danau yang dinamakan danau tektonik.  Pergeseran lapisan bumi ini berupa patahan yang usang kelamaan akan amblas dan membentuk cekungan yang diisi oleh air, baik air tawar maupun air laut.

Beberapa pola danau tektonik di Indonesia ibarat Danau Singkarak, Danau Tomuti, Danau Sentani, Danau Poso, Dana Tondano, dan lain-lain. Danau ini sangat besar lengan berkuasa pada kelangsungan hidup masyarakat setempat. Jenis danau ini mempunyai karakteristik atau ciri khas yang berbeda dengan jenis danau lainnya, diantaranya adalah;

1. Tempat hidup banyak sekali macam organisme

Banyak organisme yang hidup di jenis danau ini. Mulai dari mikro organisme nekton hingga dengan ikan yang bersifat predator. Jenis organisme yang hidup bergantung pada jenis air yang ada di danau. Misalnya ibarat Danau Sentani yang berisi organisme berupa ikan air tawar. Salah satunya ialah hiu gergaji yang merupakan satu-satunya predator yang sanggup hidup di air tawar.

2. Terdapat tanaman jenis ganggang

Danau tektonik banyak diisi oleh tanaman khas berupa ganggang dan tanaman biji. Jenis tanaman yang hidup di danau ini mempunyai kemampuan pembiasaan yang cukup elok terhadap air tawar. Beberapa ciri tanaman yang ada di danau ini diantaranya bersel satu dan berdinding, mempunyai akar sulur, dan mempunyai tekanan osmosis yang sama dengan tekanan osmosis di sekitar danau.

3. Kedalaman danau cukup dalam

Proses pergeseran kulit bumi menghasilkan cekungan yang besar dan dalam. Kedalaman danau inilah yang mengakibatkan danau sanggup menampung air dalam jumlah yang besar, sehingga bisa dimanfaatkan untuk banyak sekali sektor kehidupan.

Kandungan oksigen dalam air danau ini cukup besar. Adanya  fitoplankton yang aktif bisa memberi derma oksigen cukup besar di semua kedalaman danau. Salah satu penggalan danau yang mempunyai kadar oksigen terbesar ialah pada kawasan profundal yang tidak tertembus oleh cahaya matahari. Perbedaan suhu air pada siang dan malam hari tidak mencolok. Ini lantaran cahaya matahari hanya bisa menembus pada kedalaman beberapa meter saja sehingga suhu air tetap stabil.

Meskipun berupa genangan air yang berada di permukaan tanah, danau tektonik juga mempunyai pergerakan gelombang yang relatif kecil. Gelombang ini hanya ada di permukaan danau saja berbeda dengan gelombang yang ada di laut. Jenis danau ini mempunyai permukaan yang lebih tinggi daripada permukaan laut. Inilah yang mengakibatkan danau  bisa terisi banyak air. Sumber air yang ada di danau biasanya berasal dari air hujan.

Karena terletak di dataran, kondisi air danau sangat dipengaruhi oleh iklim dan cuaca. Meskipun air di danau tidak akan pernah habis, namun pada trend penghujan jumlah air danau sangat banyak dan penuh. Di beberapa negara yang mempunyai 4 musim, air di danau bisa membeku dan menjadi es. Selain itu kesuburan tanah di sekitar danau juga dipengaruhi oleh banyak sedikitnya air yang ada di danau. Hampir semua wilayah di akrab danau mempunyai kesuburan yang tinggi lantaran tanahnya mengandung banyak cadangan air yang baik bagi tumbuhan.

Banyak manfaat yang diberikan oleh danau tektonik untuk memenuhi kebutuhan air sehari-hari. Selain sebagai sumber penyedia air, danau juga dimanfaatkan untuk PLTA dan juga irigasi. Beberapa manfaat lain dari jenis danau ini adalah
Sebagai tempat hiburan dan rekreasi keluarga
Sebagai tempat pelestarian tanaman dan binatang jenis tertentu
Sebagai salah satu tenaga pelopor sarana transportasi di air
Sebagai wisata edukasi yang memperlihatkan banyak pengetahuan perihal dunia air
Tempat absorpsi air yang elok untuk mencegah tragedi banjir dan erosi
Tempat hidup beberapa mikro organisme seperti  zoo plankton dan fito plankton
Mempercepat pembentukan tanah baru

Begitu banyak manfaat yang diberikan oleh danau tektonik. Agar pemanfaatan danau ini bisa lebih optimal perlu dilakukan pelestarian danau. Cara termudah ialah dengan tidak membuang sampah sembarangan ke danau. Proses penghijauan di sekitar juga harus dilakukan biar ekosistem danau seimbang. Kondisi danau yang terjaga dengan baik akan sangat mempunyai kegunaan untuk memenuhi kebutuhan air dalam kehidupan sehari-hari.

Posting Komentar untuk "#3 Ciri Khas Danau Tektonik Serta Pemanfaatannya"