Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Massa Jenis Air Dan Pemanfaatannya Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Apa itu Massa Jenis Air ?

Air ialah salah satu elemen yang paling penting dalam kehidupan manusia. Hal ini dibuktikan dengan tersusunnya badan insan yang terdiri dari 70% air. Untuk itulah, mempelajari wacana air dan segala hal yang berkaitan dengannya ialah hal yang penting. Salah satunya ialah mempelajari massa jenis air.

Massa jenis sendiri merupakan sebuah proses pengukuran massa pada setiap satuan volume dari benda tertentu. Massa jenis ini ialah besaran massa (massa zat) yang dihitung pada setiap satuan berupa volume.

Baca juga: Syarat Air Bersih yang Wajib Diketahui

Penerapan Konsep Massa Jenis Air dalam Kehidupan

Sedangkan massa jenis air sendiri merupakan suatu pengukuran terhadap massa air pada satuan volume air yang akan diukur tersebut. Pengukuran ini sanggup dilakukan secara pribadi dengan memakai sebuah alat berjulukan Hidrometer.

Mempelajari konsep massa jenis ini bukannya tanpa manfaat. Ada beberapa hal dalam kehidupan yang merupakan hasil penerapan dari konsep massa jenis ini. Berikut beberapa penerapannya.

1. Cara Kerja Kapal Selam menurut Massa Jenis Air
Perbedaan massa jenis air dan benda lain tentu berbeda. Perbedaan massa jenis inilah yang menciptakan benda sanggup mengapung ataupun karam di dalam air. Jika benda terapung itu berarti massa jenisnya lebih kecil dibandingkan air, begitu juga sebaliknya.

Hal ini jugalah yang diterapkan pada kapal selam. Ketika mengapung, maka kapal selam mempunyai massa jenis total yang lebih kecil dibandingkan massa jenis dari air laut. Sedangkan dikala karam massa jenisnya lebih besar. Hal tersebut sanggup terjadi alasannya ialah di dalam kapal selam terdapat tangki pemberat yang sanggup memperbesar massa jenis total kapal selam sehingga memungkinkan kapal untuk karam maupun melayang.

2. Endapan Kapur pada Air Es
Pernahkah Anda melihat adanya endapan ibarat kapur di permukaan air yang diletakkan di dalam lemari pendingin? Ya, ini ialah salah satu penerapan dari konsep massa jenis air yang paling sederhana. Pada dasarnya, meskipun berwarna jernih, di dalam air sanggup juga mengandung kapur.

Ketika air berada pada suhu normal, massa jenis antara air dan kapur itu sama sehingga kapur tidak terlihat. Sedangkan dikala didinginkan, massa jenis pada air menjadi mengecil sehingga mengubah posisi. Massa jenis dari air yang lebih kecil dari kapur menciptakan zat kapur itu turun ke dasar wadah air dan mengendap disana.

3. Berenang dengan Ban
Penerapan konsep massa jenis air yang terakhir ini bahu-membahu sangat bersahabat dengan kehidupan sehari-hari Anda. Jika Anda pernah berenang di sungai atau di bak renang dengan memakai ban bekas yang dipompa udara, maka Anda sudah menerapkan konsep massa jenis ini, terutama massa jenis pada air.

Ketika ban bekas dipompa dan diisi udara di dalamnya, hal tersebut menciptakan massa jenis ban menjadi lebih kecil dari massa jenis pada air. Karena itulah ban sanggup mengambang di atas permukaan air dan sanggup dimanfaatkan untuk berenang.

Baca juga: Jenis-Jenis Air yang ada di Bumi

Ilmu pengetahuan diciptakan dan dipelajari tidak lain semoga sanggup dimanfaatkan untuk membantu kehidupan sehari-hari. Mempelajari ilmu pengetahuan dan menerapkannya akan semakin membantu dalam mempermudah kehidupan. Seperti misalnya ialah penerapan konsep massa jenis air dalam kehidupan sehari-hari.

Penerapan konsep massa jenis pada air di atas merupakan beberapa tumpuan sederhana yang sanggup Anda terapkan sendiri. Hal-hal di atas ialah hal yang sering dilihat maupun dilakukan secara langsung. Namun, tidak banyak orang yang menyadari kalau hal-hal sederhana ibarat yang sudah disebutkan di atas ialah hasil penerapan dari ilmu pengetahuan yang ada. Semoga isu ini sanggup bermanfaat bagi Anda.

Posting Komentar untuk "Massa Jenis Air Dan Pemanfaatannya Dalam Kehidupan Sehari-Hari"