Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Letak Astronomis, Geografis Dan Geologis Benua Asia Serta Keuntungannya

Dunia terbagi menjadi 7 benua. Tiap benua tentu mempunyai ciri dan juga karakteristik yang berbeda-beda. Benua terbesar di dunia yakni benua Asia. Di samping benua Asia, masih ada benua Amerika Utara, Amerika Selatan, Eropa, Afrika, Australia dan juga Antartika. Jika Cina merupakan negara dengan penduduk terbanyak di dunia, maka benua Asia menjadi benua dengan populasi terbesar di dunia yakni dengan 4,462 miliar jiwa (lihat secara lengkap Peta Asia).

Letak Astronomis Benua Asia

Seperti yang sudah dijelaskan di awal dimana benua Asia yakni benua yang terbesar di dunia. Luasnya sendiri yakni mencapai 44,57 juta km2. Di benua Asia ini, ada total 54 negara dimana 48 diantaranya yakni negara anggota dari PBB. Berikut ini letak astronomis benua Asia:
  • Dari segi garis lintangnya, benua Asia berada di 77 derajat Lintang Utara hingga 11 derajat Lintang Selatan.
  • Dari segi garis bujurnya, benua Asia berada di 26 derajat Bujur Timur hingga 169 derajat Bujur Timur.

 Tiap benua tentu mempunyai ciri dan juga karakteristik yang berbeda Letak Astronomis, Geografis dan Geologis Benua Asia serta Keuntungannya

Letak Geografis Benua Asia

Benua Asia mempunyai penduduk yang jumlahnya paling besar diantara benua lainnya. Penduduknya sendiri berasal dari banyak sekali macam ras mulai dari ras mongoloid, melayu, kaukasoid, negroid hingga ras europoid. Berikut ini letak geografis benua Asia:
  • Di penggalan utara, benua Asia berbatasan eksklusif dengan Samudera Arktik.
  • Di penggalan Barat, benua Asia berbatasan eksklusif dengan Laut Tengah, Laut Merah dan Pegunungan Ural.
  • Di penggalan Timur, benua Asia berbatasan eksklusif dengan Laut Bering dan Samudera Pasifik.
  • Di penggalan Selatan, benua Asia berbatasan eksklusif dengan Samudera Hindia.

Letak Geologis Benua Asia

Benua Asia mempunyai karakteristik khas yakni untuk tempat tertingginya ada di Gunung Everest dan tempat terendahnya ada di Laut Mati. Untuk palung terdalam yang ada di benua Asia yakni di palung Mindanao yang berlokasi di negara Filipina. Berikut ini letak geologis benua Asia:
  • Dataran rendah utara yakni adonan 3 lembah dari sungai besar yaitu sungai Yenisai, sungai Lena dan sungai Ob. Wilayahnya lebih banyak didominasi ada di Siberia.
  • Dataran lipatan di pegunungan muda dimana lokasinya ada di penggalan tengah benua Asia. Dataran ini membentuk segitiga dan menjadi penggalan rangkaian pegunungan lipatan Mediterania.
  • Plateau renta yang ada di daerah selatan. Kawasan ini terdiri dari batuan renta kristalin nan keras contohnya batuan granit.
  • Lembah serta sungai besar yang terletak di daerah antara plato renta dan pegunungan lipatan muda. Kawasan ini relatif subur. Lokasinya diantaranya ada di dataran rendah Hindustan, Mesopotamia, lembah sungai Yangtze hingga sebelah sungai Huang Ho (lihat disini sungai terpanjang di dunia).

Keuntungan Letak Geografis Benua Asia

Benua Asia mempunyai iklim yang berbeda-beda di tiap kawasannya mulai dari iklim tropis, subtropis basah, iklim sedang, iklim gurun hingga iklim kutub. Hal ini sebab tiap negara yang ada di benua Asia mempunyai karakteristik wilayahnya sendiri. Berdasarkan lokasinya, berikut ini beberapa laba letak geografis benua Asia:
  • Benua Asia berbatasan bersahabat dengan benua Australia, benua Eropa dan Afrika dimana menjadikannya jalur perdagangan yang sempurna.
  • Lantaran sebagian besar lahan di benua Asia populer subur, maka pertanian pun seolah menjadi kekuatan utama penduduknya.
  • Minyak bumi (lihat disini daerah penghasil minyak bumi) juga banyak dihasilkan dari benua ini. Beberapa daerah penghasil minyak bumi di benua Asia mulai dari daerah Timur Tengah, Brunei Darussalam dan juga Indonesia.

Itulah ulasan singkat terkait benua Asia dan seluk beluknya. Negara Indonesia sendiri ada di benua Asia ini sehingga info terkait benua Asia tentunya penting untuk diketahui.

Posting Komentar untuk "Letak Astronomis, Geografis Dan Geologis Benua Asia Serta Keuntungannya"