Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Letak Astronomis, Geografis Dan Geologis Negara Indonesia Serta Keuntungannya

Sudah bukan menjadi diam-diam jikalau Indonesia terletak di daerah yang sangat menguntungkan, baik dari segi astronomis, geografis maupun geologisnya. Letaknya yang strategis inilah yang menciptakan Indonesia mempunyai iklim tropis (lihat ciri-ciri iklim tropis) yang tentu saja menawarkan kekayaan dan keanekaragaman hayati yang lebih banyak. Tidak hanya menciptakan Indonesia menjadi negara yang kaya akan keanekaragaman hayati, lokasi yang strategis ini juga menawarkan banyak laba lain. Nah, sebelum mengetahui apa saja laba itu, akan lebih baik jikalau mengetahui dimana letak negara Indonesia.

Letak Astronomis Indonesia

Jika mempelajari perihal letak atau posisi Indonesia di permukaan bumi, tentu tidak sanggup dilepaskan dari letak astronomis Indonesia. Yang dimaksud dengan letak astronomis adalah letak atau posisi negara dalam hal ini negara Indonesia jikalau dilihat menurut garis bujur dan garis lintangnya. Disisi lain, yang dimaksud dengan garis bujur yakni garis khayal vertikal yang melingkari bumi dan menghubungkan antara kutub utara dan selatan. Sedangkan garis lintang yakni garis berbentuk horizontal yang melingkari bumi. Letak astronomis negara Indonesia jikalau dilihat dari kedua garis ini yakni sebagai berikut:
  • Berdasarkan garis lintang Indonesia terletak pada 6° LU - 11° LS
  • Berdasarkan garis bujur, Indonesia terletak pada 95° BT - 141° BT

Sudah bukan menjadi diam-diam jikalau Indonesia terletak di daerah yang sangat menguntungkan Letak Astronomis, Geografis dan Geologis Negara Indonesia serta Keuntungannya

Letak Geografis Indonesia

Setelah mengetahui letak Indonesia menurut astronomisnya, selanjutnya yakni letak Indonesia secara geografisnya. Letak geografis ini yakni letak suatu wilayah atau negara di permukaan bumi. Secara geografis, letak Indonesia populer sangat menguntungkan. Berikut ini yakni letak geografis Indonesia yang disebut menguntungkan tersebut.
  • Indonesia terletak diantara dua benua besar, yaitu benua Asia di sebelah utara dan Benua Australia di sebelah selatan.
  • Selain diapit oleh dua benua, Indonesia juga terletak diantara dua samudera besar, yaitu Samudera Hindia di sebelah barat dan Samudera Pasifik di Timur.

Untuk lebih memahami letak geografis Indonesia, lihat disini tampilan lengkap Peta Benua Asia dan Peta Benua Australia.

Letak Geologis Indonesia 

Selanjutnya yakni letak geologis Indonesia yang dilihat menurut kondisi geologi yang ada di Indonesia. Sudah bukan diam-diam lagi jikalau Indonesia terdiri dari kepulauan-kepulauan baik besar maupun kecil yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. Kepulauan-kepulauan Indonesia ini terbagi ke dalam 3 wilayah geologi, yaitu:
  • Daerah Dangkalan Sahul
  • Daerah Dangkalan Sunda
  • Daerah antara Dangkalan Sahul dan Sunda

Berdasarkan kondisi geologisnya, Indonesia wilayah timur masih menjadi bab dari Benua Australia, di bab barat bab dari Benua Asia sedangkan di bab tengah yakni daerah peralihan. Berdasarkan segi jalur pegunungan yang melintasi Indonesia, sanggup terlihat bahwa Indonesia berada diantara dua rangkaian pegunungan, yaitu rangkaian pegunungan sirkum Mediterania dan Sirkum Pasifik.

Keuntungan Letak Geografis Indonesia

Dengan kondisi atau letak geografis Indonesia yaitu terletak di antara dua benua dan dua samudera besar, menciptakan Indonesia menjadi negara yang sangat diuntungkan. Keuntungan itu antara lain sebagai berikut:

1. Keragaman Flora dan Fauna
Keuntungan letak geografis Indonesia yang paling sanggup dilihat yakni adanya keanekaragaman baik tanaman dan fauna yang ada di Indonesia. Karena terletak diantara benua Asia dan Australia, jenis tanaman dan fauna yang hidup di Indonesia juga perpaduan tanaman dan fauna dari kedua benua tersebut.

2. Melimpahnya Hasil Laut di Indonesia
Keuntungan lain yang didapatkan dari letak geografis Indonesia yang berada diantara dua samudera yakni melimpahnya hasil maritim di Indonesia. Tidak hanya hasil laut, hasil tambang yang dimiliki Indonesia pun juga sangat beragam.

Itulah tadi klarifikasi lengkap perihal letak negara Indonesia menurut letak astronomis, geografis dan geologisnya. Semoga gosip tersebut semakin menambah pengetahuan Anda perihal Indonesia.

Posting Komentar untuk "Letak Astronomis, Geografis Dan Geologis Negara Indonesia Serta Keuntungannya"