Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Letak Astronomis, Geografis Dan Geologis Benua Eropa Serta Keuntungannya

Benua Eropa menjadi benua yang amat dikenal di seluruh dunia dengan banyaknya negara maju yang ada di sana. Benua ini bahkan menjadi salah satu patokan kemakmuran karena kondisi perekonomian yang ada di negara-negaranya yang bagus. Bisa dibilang, benua Eropa cukup mendominasi dalam segala hal di dunia. Tentu hal ini mengakibatkan benua Eropa menarik untuk dicari tahu lebih dalam (lihat disini secara terang Peta Eropa).

Letak Astronomis Benua Eropa

Benua Eropa merupakan adonan beberapa semenanjung. Untuk semenanjung terbesarnya ialah di daratan utama Eropa dan juga Skandinavia yang terhubung oleh Laut Baltik. Untuk tiga semenanjung lainnya dengan ukuran kecil yakni Italia, Iberia dan Balkan yang ada di daerah selatan dan menghadap ke arah Laut Mediterania. Letak astronomis benua Eropa:
  • Dari segi garis lintangnya, benua Eropa berada di 34 derajat Lintang Utara hingga 71 derajat Lintang Selatan.
  • Dari segi garis bujurnya, benua Eropa berada di 9 derajat Bujur Barat hingga 66 derajat Bujur Timur.

Benua Eropa menjadi benua yang amat dikenal di seluruh dunia dengan banyaknya negara maju  Letak Astronomis, Geografis dan Geologis Benua Eropa serta Keuntungannya

Letak Geografis Benua Eropa

Wilayah benua Eropa terbentang mulai Tanjung Utara yang ada di Norwegia hingga Pulau Kreta yang ada di Laut Merah. Untuk luas benua Eropa yakni kurang lebih 10.531.623 km2 dan terbagi menjadi wilayah Eropa Utara, wilayah Eropa Selatan, wilayah Eropa Timur dan juga wilayah Eropa Barat. Berikut ini letak geografis benua Eropa:
  • Di bab utara, benua Eropa berbatasan pribadi dengan Samudera Arktik.
  • Di bab Barat, benua Eropa berbatasan pribadi dengan Samudera Atlantik.
  • Di bab Timur, benua Eropa berbatasan pribadi dengan Sungai Ural, Pegunungan Ural dan Laut Kaspia.
  • Di bab Selatan, benua Eropa berbatasan pribadi dengan Laut Hitam, Laut Tengah dan Pegunungan Kaukasus.

Letak Geologis Benua Eropa

Wilayah benua Eropa mempunyai topografi yang amat bervariasi dengan mencakup dataran tinggi pada wilayah utara dan barat laut, serta dataran rendah pada bab timur dan tengahnya. Selain itu ada juga wilayah pegunungan pada wilayah barat dan selatan. Berikut ini klarifikasi letak geologis benua Eropa:
  • Dataran tinggi (baca disini mengenai pengertian dataran tinggi) daerah barat bahari dimana membentang mulai dari Britania yang ada di Perancis barat dan Skandinavia ke Samudera Arktik. Wilayahnya sendiri ialah pegunungan berbatu dan lembah yang dalam.
  • Dataran rendah yang ada di Perancis yakni lembah Garone hingga ke Pegunungan Ural.
  • Daerah pegunungan yang mencakup Pegunungan Alpen dimana membentang mulai dari Spanyol hingga Kaukasus.
  • Untuk titik tertinggi yang ada di benua Eropa yakni Gunung Elbrus yang berlokasi di Rusia. Sedangkan titik terendah ialah di Laut Kaspia.
  • Di benua Eropa ada beberapa sungai utama yakni Sungai Thames, Sungai Rhein, Sungai Donau dan Sungai Wolga (lihat mengenai sungai terpanjang di dunia). Sedangkan danau yang populer ibarat Danau Ladoga, Danau Onega dan Danau Kaspia (lihat juga mengenai danau di Indonesia).

Keuntungan Letak Geografis Benua Eropa

Jumlah penduduk Eropa ialah sekitar 750 juta jiwa. Mayoritas masyarakatnya ialah berkulit putih dimana terbagi menjadi kelompok Nordik, Alpen, Dinara, Mediterania hingga Slavia. Berikut ini beberapa laba letak geografis benua Eropa:
  • Perekonomian yang ada di daerah Eropa sangat maju dan berkembang alasannya mempunyai struktur alam yang bermacam-macam sehingga pertanian, perdagangan hingga peternakan maju pesat.
  • Jalur perdagangan di benua Eropa juga sangat potensial alasannya erat dengan Asia dan Amerika. Tidak heran bila dunia industri di Eropa juga sangat maju.

Itulah sekilas gosip terkait benua Eropa. Benua Eropa juga kerap dikenal dengan Benua Biru. Alasannya ialah alasannya banyaknya kerajaan di Eropa zaman dulu.

Posting Komentar untuk "Letak Astronomis, Geografis Dan Geologis Benua Eropa Serta Keuntungannya"