Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Letak Astronomis, Geografis Dan Geologis Negara Vietnam Serta Keuntungannya

Vietnam merupakan negara yang letaknya ada di cuilan timur semenanjung Indochina yang ada di Asia Tenggara. Dalam kurun waktu 1000 tahun lamanya, Vietnam telah dikuasai Cina sehingga tak heran bila kebudayaan dan peradaban di Vietnam pun amat kental dengan budaya Cina. Sebagian besar sejarah negara ini pun ditandai dengan adanya usaha rakyatnya demi bisa membebaskan diri akan dominasi asing.

Jika menyelidiki sejarahnya, Vietnam dulunya terbagi menjadi dua negara cuilan yaitu Republik Demokratik Vietnam di utara dan juga Republik Vietnam di selatan. Namun, di tahun 1976, dua negara itu secara resmi kembali bersatu menjadi Republik Sosialis Vietnam alasannya yakni pemerintah Selatan digulingkan pasukan Utara.

Letak Astronomis Vietnam

Saat ini Vietnam dipimpin oleh seorang presiden sebagai kepala negaranya. Sedangkan untuk kepala pemerintahan dipegang oleh perdana menteri. Hanoi menjadi ibukota negara Vietnam. Wilayah Vietnam sendiri ada di selatan daratan Cina. Luasnya yakni kurang lebih 329.560 km2. Letak astronomis Vietnam, yaitu:
  • Pada garis lintangnya yakni di 8 derajat Lintang Utara sampai 22 derajat Lintang Selatan.
  • Dari segi garis bujurnya, Vietnam ada di 104 derajat Bujur Timur dan 108 derajat Bujur Timur.

Vietnam merupakan negara yang letaknya ada di cuilan timur semenanjung Indochina yang ada  Letak Astronomis, Geografis dan Geologis Negara Vietnam serta Keuntungannya

Letak Geografis Vietnam

Selain negara Singapura, Negara Vietnam menjadi negara dengan penduduk terpadat yaitu 80 juta orang. Dari total keseluruhan, 85% penduduknya yakni etnis Vietnam. Jika membicarakan perihal letak geografis Vietnam, maka tentu akan berafiliasi dengan batas-batas negara ini, yaitu:
  • Di sebelah Utara, Vietnam berbatasan dengan Republik Rakyat Cina.
  • Untuk sebelah Timur, bersebelahan dengan Teluk Tonkin dan juga Laut Cina Selatan.
  • Bagian selatan Vietnam dibatasi dengan Laut Cina Selatan
  • Untuk sebelah barat berbatasan dengan negara Laos dan juga Negara Kamboja.

Lihat disini tampilan terperinci Peta VietnamPeta China, dan Peta Kamboja untuk memahami letak geografis Vietnam.

Letak Geologis Vietnam

Negara Vietnam mempunyai kondisi alam yang bermacam-macam mulai dari daratan pantai, bukit sampai gunung berhutan lebat dan juga dataran rendah. Beberapa hal yang harus diketahui dari letak geologis Vietnam yakni:
  • Bagian Vietnam utara didominasi pegunungan Tanah Tinggi Timur Tonkin dimana tingginya mencapai lebih dari 1.000 meter. Untuk puncak tertinggi yakni Gunung Phan Xi Pang dengan tinggi 3.143 meter. Gunung ini juga merupakan gunung tertinggi yang ada di Vietnam. Di Vietnam wilayah utara ini juga terhampar Delta Sungai Song Hong yang awalnya berupa teluk kecil dari Teluk Tonkin.
  • Pada wilayah selatan Vietnam sendiri terbujur Pegunungan Annam dimana puncaknya yakni Gunung Ngoc Linc serta Gunung Chu Sin Yang. Wilayah selatan pun didominasi hamparan delta dari Sungai Mekong dengan luas 40.000 km2 dimana eksklusif berbatasan Laut Cina Selatan.
  • Karena cabang Sungai Mekong yang banyak, maka mengakibatkan dataran itu lalu bertambah luas tiap tahunnya alasannya yakni fatwa sungainya bisa membawa lumpur aluvial. Beberapa sungai penting yang ada di Vietnam yakni Sungai Mekong, Sungai Merah, Sungai Songgam Songcay dan juga Sungai Songcau (lihat sungai terpanjang di benua Asia).

Keuntungan Letak Geografis Vietnam

Dari klarifikasi perihal Vietnam, maka laba letak geografis Vietnam ternyata cukup beragam, diantaranya:
  • Vietnam mempunyai hasil sumber daya alam mineral (lihat contoh sumber daya alam yang tidak sanggup diperbaharui) yang amat bermacam-macam mulai dari minyak dan gas bumi, batu-batuan dan masih banyak lagi sehingga bisa jadi pendapatan negara.
  • Tanah di Vietnam juga dikenal subur sehingga dalam pertaniannya cukup berkembang.
  • Flora dan fauna yang ada di negara ini pun amat bervariasi sehingga ada beberapa cagar alam di sana.

Dengan klarifikasi terkait letak astronomis, geografis dan geologis Negara Vietnam serta keuntungannya, maka isu Anda perihal negara tempat Asia Tenggara kian bertambah bukan?.

Posting Komentar untuk "Letak Astronomis, Geografis Dan Geologis Negara Vietnam Serta Keuntungannya"