Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis-Jenis Sumber Energi Yang Ada Di Bumi

Segala bentuk acara yang Anda lakukan sehari-hari sangat terbantu alasannya yaitu adanya energi. Bentuknya memang tidak terlihat namun keuntungannya sanggup dirasakan. Secara umum ada 2 jenis sumber energi di dunia ini, yaitu yang terbaharukan dan yang tidak. Jumlahnya terbatas namun ada juga yang mempunyai cadangan yang cukup besar.

Agar sumbernya tidak cepat habis sebaiknya lakukan penghematan. Contohnya pemakaian materi bakar minyak, kalau tidak dikontrol penggunaannya maka generasi selanjutnya tidak sanggup mencicipi kegunaan BBM tersebut. Banyak ilmuwan yang menciptakan energi alternatif biar minyak bumi tidak lekas habis.

Macam-macam Jenis Sumber Energi dan Pemanfaatannya

Seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa sumber energi ada yang sanggup diperbaharui dan tidak. Contoh yang sanggup diperbaharui yaitu air, angin, dan sumber lainnya yang jumlahnya melimpah. Sementara yang tidak sanggup diperbaharui menyerupai minyak bumi, gas alam, watu bara, dan lain sebagainya.

Fungsi keduanya sangat penting untuk menunjang kehidupan manusia. Perabot rumah tangga tidak akan berfungsi kalau tidak ada listrik. Energi ini sanggup diciptakan melalui pengolahan air, angin, dan sebagainya. Adapun jenis dan beberapa manfaat energi yang sering Anda temui sehari-hari adalah:

• Minyak Bumi
Sumber energi yang satu ini harus diolah terlebih dahulu sebelum dimanfaatkan untuk tenaga penggerak. Hasil yang sering kita temui yaitu bensin, solar, avtur, dan sebagainya. Kendaraan bermotor tidak akan sanggup berjalan kalau tidak memakai materi ini. Karena jumlahnya semakin hari kian terbatas, maka harus dilakukan penghematan. Industri otomotif sekarang mulai memakai penemuan biar mesin kendaraan lebih hemat materi bakar. Selain itu polusi udara yang dihasilkan akan berkurang kalau Anda memakai produk kendaraan beroda empat atau motor terbaik.

• Air
Pemanfaatan sumber energi air ini cukup luas, salah satunya sebagai pelopor kincir. Dari sinilah anutan listrik didapatkan atau yang sering disebut dengan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Tidak hanya itu air juga sanggup dimanfaatkan untuk kebutuhan transportasi contohnya kapal, perahu, dan lain-lain. Meskipun jumlahnya melimpah, penggunaannya harus sesuai dengan kebutuhan biar pasokan tetap lancar.

• Matahari
Matahari mempunyai tugas yang penting dalam kehidupan di bumi. Tak hanya bagi insan saja, flora juga membutuhkan cahaya untuk melaksanakan fotosintesis. Energi panas yang dihasilkan sanggup mempermudah pekerjaan Anda sehari-hari menyerupai untuk menjemur pakaian. Anda juga sanggup menyimpan panas matahari untuk dijadikan cadangan listrik. Panel surya ini sudah banyak diedarkan di pasaran sehingga ketika lampu mati Anda sanggup menggunakannya tanpa perlu membeli materi bakar.

• Angin
Kincir angin merupakan salah satu alat yang sanggup menyimpan tenaga. Penggeraknya tentu saja angin sehingga simpanan energi semakin besar. Tidak hanya itu angin juga dimanfaatkan oleh nelayan untuk mencari ikan di tengah maritim dan dikala pulang ke daratan. Tenaga ini merupakan jenis energi terbaharukan yang jumlahnya cukup melimpah di bumi.

• Listrik
Sumber energi listrik berasal dari pembangkit yang digerakkan dengan air, angin, ataupun uap. Karena ketersediaannya cukup terbatas, maka harus dilakukan penghematan. Banyak yang mencari cara alternatif biar sanggup memakai listrik tanpa harus membayar mahal.

Anda sanggup memanfaatkan sungai yang ada di sekitar untuk menghasilkan tenaga tersebut. Hampir semua perabot rumah tangga menyerupai tv, kipas angin, lampu, dan lain-lain hanya sanggup bekerja kalau ada anutan listrik yang masuk kedalamnya.

Dari beberapa sumber energi yang sudah disebutkan diatas, menunjukan bahwa makhluk hidup sangat membutuhkan kelimanya. Agar Anda sanggup menikmati fungsinya dalam jangka panjang, sebaiknya lakukan penghematan supaya jumlahnya tidak cepat habis.

Posting Komentar untuk "Jenis-Jenis Sumber Energi Yang Ada Di Bumi"