Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jelaskan Apa Itu Akuifer?

Aquifer yaitu lapisan batuan atau sedimen bawah permukaan yang berpori dan bersifat permeabel. Untuk menjadi aquifer, batuan harus mempunyai sifat berpori dan permeabel pada tingkatan yang cukup tinggi, sehingga sebuah akuifer akan bisa menyimpan dan membawa (mendistribusikan) air di bawah permukaan.

Aquifer (artesis)
Aquifer Artesis) yaitu akuifer yang bab atas dan bawahnya dibatasi oleh lapisan batuan atau sedimen yang kedap air. Air di akuifer ini sanggup berada di bawah tekanan yang cukup tinggi, sehingga dikala akuifer diserap oleh sebuah sumur, maka air akan naik hingga ke lubang sumur yang berada di atas puncak akuifer.

Penjelasan lebih lengkap mengenai akuifer sanggup Anda temukan dalam tautan Geologinesia dibawah ini:
1. Pengertian dan jenis-jenis air tanah
2. Mengenal sumur artesis
3. Infiltrasi berdasarkan ilmu hidrologi

Akuifer (confined/tertekan)
Akuifer Tertekan (Confined) yaitu akuifer yang di bab bawah dan bab atasnya dibatasi oleh lapisan batuan atau sedimen yang kedap air. Akuifer confined ini mungkin saja tidak mempunyai tekanan yang tinggi sehingga agak sulit menjadi "aquifer artesis".

Aquifer yaitu lapisan batuan atau sedimen bawah permukaan yang berpori dan bersifat perme Jelaskan Apa itu Akuifer?

Aquifer (unconfined/tidak tertekan)
Akuifer Tidak Tertekan (Unconfined) yaitu akuifer yang tidak ditindih oleh unit batuan kedap air. Air di dalam akuifer ini berada dibawah tekanan atmosfer dan diisi ulang oleh curah hujan yang jatuh di permukaan tanah sempurna di atas akuifer jenis ini.

Posting Komentar untuk "Jelaskan Apa Itu Akuifer?"