Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Tempat Penghasil Gas Alam Di Indonesia Dan Pemanfaatannya

Gas Alam dan Pemanfaatannya

Gas alam merupakan bakar fosil yang mengandung CH4 atau metana. Gas bumi ini biasanya dijumpai pada ladang gas bumi, lokasi pertambangan watu bara atau ladang minyak. Metana sendiri yaitu molekul hidrokarbon yang mempunyai rantai paling ringan dan pendek. Selain metana, gas alam juga mempunyai kandungan propana, etana, butana, dan lain sebagainya.

Gas alam dengan kandungan metana memang sanggup memicu adanya pemanasan global ketika terlepas bebas ke atmosfer. Tapi ketika gas alam diperlakukan dengan proses pengelolaan yang benar, maka gas ini sanggup dimanfaatkan untuk aneka macam keperluan manusia. Gas alam dikatakan berbahaya alasannya yaitu sanggup menyebabkan ledakan dan kebakaran.

Satu hal yang perlu Anda ketahui bahwa gas alam juga mempunyai banyak sekali manfaat. Salah satu keuntungannya yaitu sebagai materi bakar untuk pembangkit listrik yang memakai tenaga gas atau uap. Gas ini juga sanggup digunakan untuk materi bakar dari kendaraan bermotor jenis BBG atau NGV.

Baca juga: Daerah Penghasil Minyak Bumi Terbesar di Indonesia

Manfaat lainnya yaitu untuk komoditas energi yang sanggup diekspor menyerupai LNG atau Liquefied Natural Gas. Selain itu, gas alam juga sanggup diolah menjadi materi baku metanol, plastik, petrokimia, pupuk, dan masih banyak yang lainnya. Tahukah Anda dimana sajakah kawasan penghasil gas alam di indonesia ?.

Beberapa Daerah Penghasil Gas Alam di Indonesia serta Pemanfaatannya

Indonesia populer sebagai salah satu negara penghasil gas alam yang cukup besar. Berikut ini yaitu kawasan penghasil gas alam di indonesia yang harus Anda ketahui.

1. Papua Barat
Provinsi Papua Barat populer dengan hasil LNG nya yang berkualitas. Pusat pengolahan dan pertambangan gas alam cair ini dibangun di kawasan Teluk Bintuni. LNG Tangguh yang ada di Papua Barat yaitu salah satu megaproyek yang ditangani pribadi oleh pemerintah.

Di provinsi ini, ada banyak sekali cadangan gas bumi dengan jumlah setidaknya 500 miliar m3. Papua Barat yaitu penyuplai gas alam paling besar di dunia.

2. Jawa Barat
Daerah penghasil gas alam di indonesia selanjutnya yaitu Jawa Barat tepatnya Bandung. Gas alam yang dikelola di provinsi ini biasanya digunakan untuk kebutuhan industri dalam negeri. Melihat kekayaan gas alam di Jawa Barat, pemerintah diketahui mendirikan perusahaan untuk menyuplai kebutuhan akan gas alam di seluruh wilayah Nusantara.

3. Kepulauan Riau
Kepulauan Riau juga populer dengan cadangan gas alamnya yang sangat besar. Gas alam yang dihasilkan Riau dimanfaatkan oleh dunia dan juga Indonesia. Di Kepulauan Riau, pengolahan serta penambangan gas alam dipayungi oleh PT PNG atau Perusahaan Gas Negara. Sumber gas alam yang paling besar di Kepulauan Riau ada di Kabupaten Natuna.

4. Kalimantan Timur
Daerah penghasil gas alam di indonesia selanjutnya yaitu di Kalimantan Timur. Kekayaan gas alam paling besar di Kaltim ada di blok Mahakam. Banyak industri di tanah air yang bergantung pada suplai gas alam yang dihasilkan Kalimantan Timur.

Baca juga: Dimanakah Daerah Penghasil Batu Bara Terbesar di Indonesia ?

5. Sumatera Selatan
Sumatera Selatan juga dikenal sebagai salah satu wilayah yang menghasilkan banyak gas alam untuk Indonesia. Cadangan gas alam yang ada di provinsi ini sangatlah melimpah. Kabupaten Musi Banyuasin yaitu kabupaten yang menyumbang banyak gas alam di Indonesia. Di tahun 2016, pemerintah kabupaten membangun pipa susukan gas sebanyak 10 ribu pipa untuk memenuhi kebutuhan setiap warganya.

Indonesia memang kaya dengan sumber daya alamnya. Tidak mengherankan jikalau ada banyak kawasan penghasil gas alam di indonesia yang menyuplai kebutuhan gas alam di dunia. Sekian isu terbaru kali ini, agar bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Daftar Tempat Penghasil Gas Alam Di Indonesia Dan Pemanfaatannya"