Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Sungai Terpanjang Di Benua Asia

Sungai yaitu wilayah perairan di darat berbentuk memanjang yang mengalir secara terus menerus. Di dunia, ada banyak sungai yang populer panjang dan besar. Muara sungai dikenal dengan sebutan hilir, sementara sumber sungai yaitu hulu. Di benua Asia, ada banyak sungai dengan panjang mencapai ribuan kilometer. Sungai terpanjang di asia memang tersebar di banyak sekali negara. Di Indonesia sendiri, sungai yang paling panjang yaitu Sungai Kapuas.

Baca juga: Sungai Terbesar di Indonesia

Di belahan bumi terdapat sungai-sungai panjang yang indah. Selain itu, sungai juga dimanfaatkan oleh insan sebagai jalur kapal atau bahtera untuk menyeberang ke kawasan lain. Untuk Anda yang ingin tau dimana saja sungai terpanjang di asia, dibawah ini yaitu ulasan lengkapnya.

1. Sungai Yangtze, Cina

Sungai terpanjang di asia selanjutnya yaitu Sungai Yangtze yang ada di negara Cina. Aliran sungai Yangtze mempunyai panjang hingga dengan 6300 kilometer. Luar biasa panjang bukan? Muara sungai ini ada di Laut Cina Selatan. Sungai terpanjang ini juga dikenal dengan nama sungai Yangzi. Namun nama Yangtze yaitu nama pertama yang didengar oleh orang-orang dari negara luar. Sehingga Yangtze lah nama yang dipakai untuk sungai panjang di Cina ini.

Sungai yaitu wilayah perairan di darat berbentuk memanjang yang mengalir secara terus men Daftar Sungai Terpanjang di Benua Asia
Gambar Sungai Yangtze, salah satu sungai terpanjang di Benua Asia.

2. Sungai Huang Ho, China

Sungai Huang Ho yaitu sungai kedua paling panjang yang ada di Cina. Sungai ini berada di Cina Utara. Huang Ho mempunyai panjang fatwa hingga dengan 5.464 kilometer. Muara sungai ini ada di Laut Bohai. Melihat panjang alirannya tersebut, tidak mengherankan jikalau Huang Ho masuk dalam jejeran sungai terpanjang di asia.

Baca juga: Rantai Makanan di Sungai

3. Sungai Mekong, Vietnam

Vietnam mempunyai sungai yang sangat panjang. Sungai ini dikenal dengan nama Sungai Mekong. Saking panjangnya sungai ini melewati hingga dengan 6 negara yang ada di benua Asia, ibarat Myanmar, Laos, Cina, Vietnam, Thailand dan Kamboja. Sungai Mekong mempunyai panjang sekitar 4.350 hingga dengan 4.909 kilometer. Masing-masing negara yang dilewati mempunyai nama tersendiri untuk menyebut Sungai Mekong. Muara sungai mekong ada di Laut Cina Selatan.


4. Sungai Lena

Sungai Lena mempunyai panjang fatwa sungai hingga dengan 4400 kilometer. Sungai ini berada di Negara Rusia yang ada masuk dalam Bagian Asia. Muara Sungai Lena yaitu Laut Laptev yang lalu mengalir di Samudera Arktik. Gunung Bakai yaitu sumber Sungai Lena.

5. Sungai Irtysh

Sungai dengan fatwa terpanjang selanjutnya yaitu Sungai Irtysh. Sungai ini mengaliri 4 negara sekaligus yaitu China, kazakhstan, Mongolia dan Rusia. Dikenal sebagai salah satu sungai terpanjang yang ada di benua Asia, sungai Irtysh mempunyai panjang fatwa sebesar 4248 kilometer. Aliran sungai Irtysh akan bermuara pada Teluk Ob.

6. Sungai Brahmaputra, India

Sebagai salah satu sungai terbesar yang ada di Asia, Sungai Brahmaputra mempunyai panjang fatwa sungai hingga 3848 km. Sungai ini mempunyai fatwa yang mengalir ke beberapa negara ibarat Nepal, Bhutan, Bangladesh, dan India. Muara sungai Brahmaputra yaitu Sungai Gangga. Sedangkan asal mula fatwa sungainya yaitu Pegunungan Himalaya yang adai di Tibet. Sekedar informasi, sebagian besar fatwa air pada sungai Brahmaputra melewati negara India.

Baca juga: Sungai dalam Laut

Sungai terpanjang yang ada di benua Asia, kebanyakan memang melewati beberapa negara. Sungai sendiri mempunyai peranan yang cukup besar terhadap kehidupan manusia. Oleh alasannya yaitu itulah kenapa kebersihan dan kelestarian sungai harus tetap dijaga. Demikianlah ulasan terkait dengan negara mana saja yang mempunyai sungai terpanjang di asia, biar sanggup menambah pengetahuan Anda.

Posting Komentar untuk "Daftar Sungai Terpanjang Di Benua Asia"