Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Tanjung ? Ini Pengertian Dan Pemanfaatannya

Pengertian Tanjung

Untuk Anda yang suka travelling tentunya sudah tidak absurd dengan tanjung yang dijadikan sebagai obyek wisata. Memang, apa bekerjsama pengertian tanjung? Bagi Anda yang belum tahu, tanjung yaitu suatu daratan yang dikelilingi bahari pada ketiga sisinya. Daratan ini juga menjorok ke arah laut. Pada dasarnya, tanjung juga merupakan kebalikan dari pengertian teluk. Tapi untuk lebih jelasnya, di bawah ini yaitu pengertian perihal tanjung dan manfaatnya.

Pengertian perihal tanjung juga banyak diulas dalam bidang ilmu geografi. Dimana tanjung merupakan salah satu daratan yang letaknya ada di bibir pantai dan terbentuk secara alami. Tanjung juga sering dikenal dengan sebuah semenanjung. Semenanjung sendiri yaitu jenis tanjung yang mempunyai wilayah cukup luas.

Jika dilihat dalam peta, posisi tanjung terkesan menyerupai menjadi belahan dari garis pantai dan pulau. Ciri-ciri tanjung yaitu terkesan menyerupai tonjolan dikala dilihat di dalam peta, menjorok ke laut, dan sisi-sisinya dikelilingi laut.

Manfaat Tanjung

Tanjung merupakan sebuah objek dengan segudang manfaat. Fungsi Tanjung sangat menunjang kehidupan manusia. Lalu, apa saja manfaat tanjung? Di bawah ini yaitu manfaat tanjung yang perlu Anda ketahui.

1. Lokasi Tambak Ikan
Manfaat tanjung yaitu sebagai lokasi tambak ikan. Faktanya, banyak pengusaha ikan atau warga sekitar yang menciptakan tambak ikan di sekitar area tanjung. Tanjung banyak dipilih alasannya yaitu sangat bersahabat dengan tempat hidup atau habitat banyak sekali jenis ikan yang dibudidayakan di tambak. Tidak hanya itu, kegiatan pemeliharaan juga akan lebih gampang jikalau berada di area tanjung.

2. Sebagai Tempat Tinggal
Manfaat selanjutnya yaitu sebagai tempat tinggal penduduk sekitar atau para nelayan yang berada di sekitar pantai. Lokasi tanjung yang digunakan untuk bermukim warga biasanya yaitu tanjung dengan luar kawasan yang luas.

3. Pintu Masuk Lalu Lintas Perdagangan
Sejak dulu tanjung digunakan sebagai pintu masuknya perdagangan internasional. Tanjung mempunyai peranan yang sangat besar dalam proses perputaran dan sirkulasi bisnis impor dan ekspor di banyak sekali negara.  Hal ini dikarenakan pelabuhan dibentuk di dalam tanjung, sehingga kapal-kapal yang membawa barang-barang perdagangan harus mendarat di tanjung untuk proses bisnis selanjutnya. Sebut saja semenanjung malaka yang dari dulu hingga kini masih digunakan sebagai pintu utama kegiatan perdagangan ekspor dan impor dari seluruh dunia.

4. Sumber Mata Pencaharian
Manfaat selanjutnya dari tanjung yaitu menjadi sumber mata pencaharian. Terutama bagi penduduk yang ada di sekitarnya. Laut yang berbatasan dengan daratan tanjung secara pribadi umumnya mempunyai jumlah biota bahari dan ikan yang lebih banyak daripada garis pantai atau teluk. Kondisi ini tentunya menjadi peluang tersendiri bagi masyarakat setempat. Dimana mereka sanggup menangkap ikan lalu dikonsumsi atau dijual.

5. Mengurangi Kemungkinan Banjir
Manfaat lainnya yaitu mengurangi kemungkinan adanya banjir alasannya yaitu pasang surut air laut. Fenomena musibah ini dikenal dengan sebutan banjir rob. Perlu diketahui bahwa banjir rob yaitu naiknya air bahari ke daratan hingga menggenang dan menimbulkan banjir.

6. Lokasi Wisata
Manfaat lainnya yaitu sebagai lokasi wisata yang dikelola oleh pemerintah ataupun swasta. Tanjung mempunyai keindahan yang sangat memukau. Tidak hanya itu, para wisatawan juga sanggup melaksanakan acara snorkeling di sekitar bahari bersahabat tanjung. Potensi wisatanya sangat tinggi sehingga masuk akal saja jikalau pemerintah menaruh perhatian banyak pada obyek wisata tanjung yang tersebar di banyak sekali wilayah di Indonesia.

Demikianlah beberapa manfaat tanjung. Disini sanggup terlihat bahwa tanjung yaitu daratan dengan banyak sekali manfaat. Bahkan Anda sanggup menjadikannya sebagai obyek wisata bahari seru yang wajib untuk dikunjungi.

Posting Komentar untuk "Apa Itu Tanjung ? Ini Pengertian Dan Pemanfaatannya"