Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Elang Brontok Yang Gemar Berubah Kostum

Elang brontok fase terang
Elang brontok fase gelap



















Elang Brontok (Spizaetus cirrhatus) merupakan burung pemangsa yang masuk dalam famili accipitridae. Burung ini berukuran besar, sekitar 70 cm dari ujung ekor sampai ujung paruh. Dalam bahasa inggris elang ini disebut dengan nama changeable hawk-eagle alasannya warna bulunya sering berubah-ubah. Bulu elang brontok dibedakan menjadi fase gelap, fase terang, dan fase peralihan. Burung jantan dan betina mempunyai warna yang hampir serupa, hanya burung betina biasanya mempunyai ukuran badan yang lebih besar.

Saat fase gelap seluruh badan coklat gelap dengan garis hitam pada ujung ekor, terlihat kontras dengan bab ekor lain yang coklat dan lebih terang. Fase terperinci ditandai dengan badan bab atas coklat abu-abu gelap, badan bab bawah putih bercoret-coret coklat kehitaman memanjang. Bentuk peralihan terlihat ibarat fase terperinci namun dengan lebih banyak coret-coret kehitaman pada tubuh.

Burung yang gemar memangsa, reptil, burung, dan mamalia kecil ini tersebar luas di India, Asia Tenggara, Filipina, Sumatra Kalimantan, Jawa dan Nusa Tenggara. Karena warna bulunya yang sanggup berubah-ubah inilah, menjadikan burung ini sulit dikenali di alam. Dibutuhkan kejelian untuk sanggup mengenali dan mengidentifikasi jenis elang brontok.

Posting Komentar untuk "Elang Brontok Yang Gemar Berubah Kostum"