Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Aids?

AIDS merupakan abreviasi dari acquired immunodeficiency syndrome, ialah penyakit yang menyerang sistem kekebalan badan manusia. Penyakit AIDS disebabkan oleh inveksi virus HIV (human immunodeficiency virus), merupakan retrovirus yang mempunyai bahan genetik berupa RNA. Penderita AIDS sangat rentan terhadap serangan penyakit lain lantaran sistem kekebalan badan penderita sangat rendah akhir menerima serangan dari virus HIV.

Kekabalan badan yang rendah menjadikan seseorang rentan terjangkit penyakit lain. Penderita AIDS sanggup dianalogikan dengan suatu negara yang tidak mempunyai tentara  dan polisi, tidak ada pertahanan terhadap serangan musuh yang datang. Negara tersebut sangat rentan untuk hancur oleh penyerang-penyerang lantaran tidak mempunyai pasukan untuk bertahan dan menyerang balik. Virus HIV akan mematikan tentara-tentara dalam badan penderita sehingga badan dalam keadaan sangat ringkih.

Virus HIV penyebab AIDS

Orang yang terinfeksi virus HIV tidak sanggup pribadi menderita penyakit AIDS lantaran masa inkubasi virus tersebut sangat lama, sekitar 8 sampai 10 tahun. Setelah sekitar 10 tahun barulah virus HIV akan menampakkan gejala penyakit AIDS. Penyakit ini sanggup menyerang orang dari semua umur baik laki-laki maupun wanita. Resiko maut sangat tinggi terhadap penderita penyakit ini.

Virus AIDS menyebar melalui pertukaran cairan tubuh, darah, sperma, dan cairan vagina sanggup menjadi medium mediator virus ini. Ibu hamil yang menderita AIDS sanggup menularkan penyakit tersebut kepada janin yang dikandungnya. Aktivitas seks yang tidak kondusif dan penggunaan jarum suntik dengan bergantian merupakan penyebab utama persebaran virus ini.

Kontak pribadi menyerupai berjabat tangan, bermain bersama, dan saling merangkul tidak akan berbagi virus ini. Air ludah juga bukan medium pertukaran virus HIV, lantaran tidak ditemukan virus HIV pada ludah penderita AIDS. Makara apabila terjadi acara berciuman antara penderita AIDS dengan orang sehat tidak akan terjadi penularan penyakit tersebut. Namun, apabila terdapat luka pada gusi atau lisan pada kedua orang tersebut sehingga terjadi transfer cairan darah, penyakit ini sanggup menular.

Penyakit AIDS pertama kali dilaporkan di Amerika Serikat pada tahun 1981. Virus AIDS mempunyai kemiripan dengan virus yang menyerang monyet Afrika. Para hebat memprediksi terjadi perluasan virus monyet tersebut sampai menyerang amnesia. Diperkirakan penderita AIDS di dunia mencapai 33 juta orang, dengan jumlah yang telah meninggal lantaran penyakit ini diperkirakan mencapai 16 juta penderita. Penyakit ini berkembang 20% setiap tahun di seluruh dunia dengan penderita paling banyak terdapat di negara-negara Afrika. 

Posting Komentar untuk "Apa Itu Aids?"