Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tyrant Lizard : Tiranosaurus

Merupakan dinosaurus bipedal, berjalan dengaan dua kaki yang hidup pada tamat jaman kretaseus (sekitar 75 – 65 juta tahun yang lalu). Kata tiranosaurus berarti “tyrant lizard” atau raja kadal yang kejam. Disebut raja kadal alasannya ialah ukurannya yang besar dan taringnya yang panjang mencapai 6 inchi.

Tengkorak Tiranosaurus dengan 6 inchi taring

Dinosaurus ini mempunyai panjang 12 meter dengan berat mencapai 6.5 ton. Karnivora yang berburu dinosaurus hidup dan bertindak pula sebagai pemakan bangkai. Berburu sendiri atau berpasangan dengan lawan jenisnya untuk menemukan mangsa. 

Kaki depannya berukuran sangat kecil dibandingkan dengan ukuran tubuhnya mengakibatkan beberapa andal beropini bahwa binatang ini hanya memakan bangkai. Mereka beropini bahwa dengan kaki depan sekecil itu, mustahil dipakai untuk menangkap mangsa sehingga diklasifikasikan sebagai binatang pemakan bangkai.

Fosil Tiranosaurus

Ahli lain yang beropini bahwa tiranosaurus ialah pemburu yang kejam berargumen bahwa walaupun kaki depannya sangat kecil namun mempunyai kekuatan. Tulang kaki depannya mempunyai struktur pertulangan yang berpengaruh yang sanggup dipakai sebagai kait dalam perburuan menangkap mangsa.

Fosil tiranosaurus ditemukan di Kanada Barat dan Amerika Barat. Beberapa jenis tiranosaurus ditemukan di kawasan tersebut, tetapi jenis Tyrannosaurus rex merupakan jenis yang paling terkenal. Tiranosaurus sering muncul sebagai tokoh pemburu kejam dalam beberapa jenis film menyerupai Jurrassic Park dan Kingkong.

Perkiraan penampakan Tiranosaurus

Posting Komentar untuk "Tyrant Lizard : Tiranosaurus"