Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tujuan Dan Alasan Pengembangan Kurikulum 2013



Kurikulum 2013 merupakan kurikulum tebaru yang diterapkan dalam aktivitas berguru mengajar di negara kita remaja ini. Kurikulum 2013 bertujuan menawarkan ilmu pengetahuan secara utuh kepada siswa dan tidak terpecah-pecah. Kurikulum ini menekankan pada keaktifan siswa untuk menemukan konsep pelajaran dengan guru berperan sebagai fasilitator.

Pro dan kontra penerapan kurikulum ini terus bermunculan di aneka macam tempat. Namun pemerintah tetap yakin dengan penerapan kurikulum dan tak bergeming dengan aneka macam pendapat negatif yang berkembang di sekolah-sekolah. Pemerintah mempunyai alasan sendiri dengan terus mempertahankan pelaksanaan kurikulum 2013 di aneka macam jenjang pendidikan.


Alasan yang mendasari pemerintah membuatkan dan melakukan kurikulum terbaru ini ialah untuk menghadapi persaingan global yang semakin maju. Pendidikan di Indonesia dinilai cukup kurang berilmu dibandingkan dengan negara lain. Peringkat pendidikan di Indonesia berada di bawah Thailand dan Malaysia untuk di ASEAN saja (Kemdikbud 2011). Menghadapi perkembangan globalisasi yang semakin membumi, pemerintah membuatkan kurikulum gres dengan tujuan untuk memperbaiki kualitas pendidikan di Indonesia dan membuat kualitas penerus bangsa yang bermutu.

Tujuan dan alasan utama pengembangan kurikulum 2013 oleh pemerintah ialah sebagai berikut.
  • Menciptakan lulusan yang mempunyai kemampuan berkomunikasi
  • Menciptakan lulusan yang mempunyai kemampuan berpikir kritis dan jernih
  • Menciptakan lulusan yang mempunyai kemampuan mempertimbangkan segi akhlak suatu permasalahan
  • Menciptakan lulusan yang bisa menjadi warga negara yang bertanggung jawab
  • Menciptakan lulusan yang mempunyai kemampuan mengerti dan toleran terhadap pandangan yang berbeda
  • Menciptakan lulusan yang mempunyai kemampuan hidup dalam masyarakat yang mengglobal
  • Menciptakan lulusan yang mempunyai minat luas dalam kehidupan
  • Menciptakan lulusan yang mempunyai kesiapan untuk bekerja
  • Menciptakan lulusan yang mempunyai kecerdasan sesuai dengan bakat/minatnya
  • Menciptakan lulusan yang mempunyai rasa tanggung jawab terhadap lingkungan
Kemampuan-kemampuan tersebut di atas diperlukan sanggup tercapai dengan penerapan kurikulum 2013. Berbagai keluhan dan kesulitan yang timbul di sekolah kemungkinan terjadi alasannya ialah belum terbiasanya penerapan kurikulum tersebut dalam pembelajaran. Penerapan secara konsisten sangat diperlukan semoga tujuan dan alasan pemerintah membuatkan kurikulum gres ini sanggup tercapai. Langkah pembelajaran dalam kurikulum 2013 sanggup dilihat pada artikel berikut Langkah-Langkah Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013.

Posting Komentar untuk "Tujuan Dan Alasan Pengembangan Kurikulum 2013"