Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Biar Skripsi Cepat Selesai

Skripsi atau tgas selesai yaitu momok bagi banyak mahasiswa sarjana tingkat akhir, kaya kau yang lagi baca artikel ini hehehe. Skripsi menjadi momok atau duduk masalah alasannya kadang untuk menyelesaikannya diharapkan waktu yang cukup lama, bisa 1 semester, 1 tahun, 2 tahun atau bertahun-tahun. Skripsi menjadi usang alasannya kita harus selalu meminta bimbingan dari dosen perihal metode maupun tata cara penulisan. Padahal untuk janjian bimbingan kadang susahnya minta ampun, harus antri dengan mahasiswa-mahasiswa yang lain. Tapi mau bagaimana lagi, kau sebagai mahasiswa harus mendapatkan alasannya itu semua demi kebaikanmu.

Nah..berikut ini yaitu beberapa tips untuk kau adek-adek mahasiswa biar skripsimu lekas selesai.

Jangan menunda mengerjakan skripsi
Setiap detik kau menunda skripsi maka akan menjadi bumerang untuk dirimu sendiri. Salah satu tantangan skripsi yaitu batas waktu yang begitu longgar untuk mengerjakannya. Tidak ada dosen yang mengejar-ngejar kita untuk segera mengumpulkannya, sehingga bagi mahasiswa yang kurang rajin kadang terlena dan malah tidak dikerjakan. Skripsi akan lebih gampang jika dikerjakan bahu-membahu sobat seperjuangan, jika kau menunda sampai teman-temanmu telah lulus, kau akan merasa lebih berat lagi dalam mengerjakannya...saya pastikan itu.

Jangan malas bimbingan
Pernah suatu saat saya bertanya kepada sobat saya yang sedang skripsi, berapa usang kau bimbingan dengan dosenmu sekali pertemuan? Teman saya menjawab 3 sampai 5 jam. Wow..sungguh luar biasa menjemukan sekali duduk di hadapan dosen mendengarkan ceramahnya begitu usang perihal skripsi kita. Namun kau tetap harus bersabar dan tekun, dan yakinlah bahwa skripsi niscaya berlalu. Yang penting bimbingan bimbingan dan bimbingan.

Jangan menciptakan murka dosen
Beberapa hal yang menciptakan skripsi usang yaitu sulitnya bimbingan dengan dosen. Beberapa masalah yang pernah saya temukan dulu adalah, ada dosen yang tersinggung dengan perbuatan atau kata-kata mahasiswanya sehingga membuatnya malas membimbing mahasiswa tersebut. Hasilnya yaitu skripsi moloooooor tidak selesai-selesai alasannya dosen tidak mau memimbing.

Buatlah dosen kau senang
Cara kuno yang masih tetap berlaku sampai sekarang. Kalau dosen kau menyukaimu maka ia niscaya akan membantumu biar cepat menuntaskan skripsimu dan tidak akan menyulitkanmu. Bagaimana cara menciptakan dosen senang? Pikirkan sendiri hehehehe. Mungkin bisa dengan memberinya hadiah-hadiah kecil, membantunya dalam penelitian, menjenguknya saat sedang sakit, atau menjadi ajun dosen tersebut.


Jangan skripsi sambil bekerja
Mungkin kau akan bilang bahwa skripsi itu banyak waktu luangnya dan bisa disambi bekerja sampingan. Hal itu sangat salah besar. Bagi orang yang pernah skripsi tentu tahu bahwa untuk sanggup bimbingan dengan dosen, kita kadang harus menunggu dari pagi sampai sore hanya untuk menunggu waktu luang dosen kita. Makara sangatlah sulit untuk bekerja di sela-sela skripsi kecuali untuk kamu-kamu yang sanggup mengatur waktu dengan sangat baik sekali.

Sering-seringlah berdiskusi dengan teman
Teman-teman seperjuangan merupakan daerah curhat dan sharing informasi yang sangat penting. Kamu bisa memperoleh informasi yang mempunyai kegunaan dari skripsi teman-temanmu yang mungkin sanggup menjadi inspirasi jago jika kau terapkan dalam skripsimu. Ingat hanya diskusi, bukan menggandakan atau meminta temanmu mengerjakan skripsimu.

Jangan membeli skripsi
Sekarang ini mah aneka macam akomodasi skripsi bodong yang ditwarkan bagi mahasiswa yang malas mengerjakannya. Jasa yang ditawarkan bervariasi mulai dari 1 juta sampai 5 juta rupiah per skripsi. Namun membeli skripsi sanggup membawa malapetaka dalam sidang selesai penentuan kelulusan. Kalau kau tidak menciptakan skripsimu sendiri, kau tidak akan paham isi skripsimu. Kalau kau tidak paham, kau tidak sanggup menjawab pertanyaan dosen saat sidang akhir. Kalau kau tidak bisa menjawab, bisa-bisa kau disuruh mengulang skripsmu lagi dari awal. Doooor....kelar idup lo.

Itulah sedikit tips mengerjakan skripsi dari saya, seorang mantan pejuang skripsi. Semoga bermanfaat bagi adek-adek semua. Tetap semangat skripsi, tetap sabar, tetap berdoa, dan semoga kau cepat lulus. Ingat jangan hanya kerja keras tapi harus kerja cerdas juga.

Posting Komentar untuk "Tips Biar Skripsi Cepat Selesai"