Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Struktur Kloroplas

Proses fotosintesis tidak sanggup berlangsung tanpa adanya kloroplas, organel kawasan terjadinya fotosintesis. Dalam kloroplas ini terdapat pigmen klorofil yang berfungsi untuk menangkap energi cahaya matahari sebagai energi pencetus fotosintesis. Kloroplas dimiliki oleh organisme autotrof (mampu menciptakan masakan sendiri) dan merupakan organel yang menciptakan daun mempunyai warna hijau.

Kloroplas banyak terdapat pada daun, batang muda dan buah yang masih muda. Pada daun kloroplas melimpah pada jaringan parenkim palisade, dan terdapat juga pada jaringan parenkim spoon (bunga karang) dan sel epilog stomata.  Berikut yakni struktur penampang melintang daun yang mengatakan letak masing-masing jaringan.

 Proses fotosintesis tidak sanggup berlangsung tanpa adanya kloroplas Struktur Kloroplas

Kloroplas mempunyai dua lapis membran yang masing-masing terbentuk dari fosfolipid bilayer. Membran dalam kloroplas akan melipat-lipat dan dan membentuk kantong yang disebut tilakoid. Tilakoid tersebut akan menumpuk-numpuk membentuk kolom yang selanjutnya disebut grana (tunggal: granum). Pada membran tilakoid inilah terletak klorofil (zat hijau daun) yang berperan menangkap cahaya matahari. Ruang-ruang diantara grana disebut sebagai stroma, di ruang ini berisi cairan yang juga berfungsi dalam reaksi fotosintesis.

 Proses fotosintesis tidak sanggup berlangsung tanpa adanya kloroplas Struktur Kloroplas

Reaksi fotosintesis terjadi dalam dua proses yaitu, reaksi jelas dan reaksi gelap. Reaksi jelas berlangsung di grana sedangkan reaksi gelap terjadi di stroma. Reaksi jelas akan memecah molekul air menghasilkan oksigen sedangkan reaksi gelap akan memakai karbon dioksida sebagai materi baku karbohidrat.

Posting Komentar untuk "Struktur Kloroplas"