Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pemegang Rekor Tempat Dengan Petir Terbanyak Di Dunia

Dengan memakai data petir selama 16 tahun dari satelit "Tropical Rainfall Measuring Mission" yang diluncurkan oleh NASA dan Japan Aerospace Exploration Agency, Peneliti bisa mengidentifikasi dan memberi peringkat daerah/hotspot yang menghasilkan jumlah petir terbesar selama periode pengamatan 1998-2013. Pemantauan ini menghasilkan distribusi global acara petir ke dalam fokus yang sangat jelas.


Dari data tersebut diperoleh bahwa rekor tempat dengan petir terbanyak di dunia ialah berada di Danau Maracaibo, Venezuela. Laporan rinci hasil penelitian tersebut diterbitkan dalam buletin "American Meteorological Society". Danau Maracaibo mempunyai tingkat kepadatan kilatan 232,52 FRD (Flash Rate Density). Itu berarti bahwa tempat ini mengalami rata-rata 232,52 kilatan per kilometer persegi per tahun.

 yang diluncurkan oleh NASA dan Japan Aerospace Exploration Agency Pemegang Rekor Daerah Dengan Petir Terbanyak di Dunia
Gambar petir di Danau Maracaibo-Sungai Catatumbo.

Hotspot (titik) terjadinya petir di tempat ini berada pada pertemuan antara Danau Maracaibo dengan Sungai Catatumbo. Peneliti memperkirakan fenomena ini terjadi jawaban siklus air di Danau Maracaibo dan topografi dari Sungai Catatumbo. Air danau mengalami evaporasi jawaban panas cahaya Matahari wilayah ekuator dan udara lembab dari Karibia mengalir ke Maracaibo dari sisi yang terbuka bertemu dengan udara yang lebih cuek dari Andes.

Posting Komentar untuk "Pemegang Rekor Tempat Dengan Petir Terbanyak Di Dunia"