Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Paus Biru, Binatang Terbesar Di Dunia

Paus Biru ialah mamalia bahari (bukan ikan, jadi salah jikalau ada yang menyampaikan ikan paus) yang mempunyai ukuran luar biasa besar dan merupakan binatang terbesar yang ada di dunia dikala ini. Ukuran paus yang satu ini sanggup mencapai panjang 30 meter dengan berat 190 ton. Dengan ukuran sebesar itu mereka bahkan dikatakan sebagai binatang terbesar yang pernah hidup di dunia. Coba bandingkan dengan ukuran dinosaurus terbesar, brachiosaurus, dinosaurus ini diperkirakan hanya seberat 56 ton saja.

Paus biru mempunyai nama ilmiah Balaenoptera musculus, dan merupakan keluarga paus baleen, yaitu paus yang memakan suspensi atau binatang kecil. Paus ini diberi nama paus biru alasannya ialah warna tubuhnya yang kebiru abu-abuan ketika berenang di dalam air. Paus ini sanggup berukuran sangat besar walaupun hanya memakan hewan-hewan kecil semacam krill dan krustacea kecil lainnya. Mereka akan menyaring air yang masuk verbal mereka dan menjerat hewan-hewan kecil yang tertinggal. Mereka menyaring masakan dengan memakai baleen, semacam saringan yang tersusun menyerupai sapu lidi berjajar.

Paus ini tidak berbahaya bagi insan alasannya ialah makanannya ialah hewan-hewan kecil, namun biasanya para penyelam tidak berani berenang terlalu erat dengannya alasannya ialah mereka mempunyai pukulan ekor yang cukup kuat. Apabila ekor besarnya digoyangkan, sanggup menghasilkan daya dorong yang sangat besar lengan berkuasa yang sanggup membahayakan penyelam yang terlalu erat dengannya. Paus ini banyak diburu oleh pemburu paus yang mengincar dagingnya dan diambil minyaknya. Pada jaman dahulu minyak paus dipakai untuk menyalakan api untuk keperluan penerangan.

Karena banyak diburu, binatang ini kini jumlahnya sangat terbatas. Jumlahnya di dunia diperkirakan hanya berkisar antara 5000 sampai 10.000 ekor saja. Oleh alasannya ialah itu, dikala ini paus biru merupakan binatang dilindungi dan dihentikan melaksanakan perburuan terhadapnya. Sebenarnya daya jelajah paus ini sangatlah luas, mereka hampir sanggup ditemukan disemua lautan di dunia. Namun alasannya ialah jumlahnya yang terbatas, mengakibatkan paus ini sulit dijumpai. 

Sama menyerupai paus lainnya, mereka bernapas dengan paru-paru dan mempunyai lubang hidung di atas kepalanya. Dari lubang hidung inilah paus biru akan menghirup napas dan menyemburkan air yang masuk ke susukan pernapasannya. Paus ini akan beranak sekali dalam dua atau tiga tahun dengan seekor anak tiap kelahiran. Anak yang gres lahir mempunyai ukuran 7 meter dengan berat 2,5 ton dan akan diberi makan susu yang dikeluarkan dari kelenjar air susu yang dimilikinya.

Posting Komentar untuk "Paus Biru, Binatang Terbesar Di Dunia"