Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keunikan Elang Tiram

 merupakan jenis elang pemakan ikan yang mempunyai persebaran sangat luas Keunikan Elang Tiram
Elang tiram (Pandion haliaetus) merupakan jenis elang pemakan ikan yang mempunyai persebaran sangat luas, mereka sanggup ditemukan di semua benua, kecuali antartika. Elang ini merupakan anggota satu-satunya dari genus Pandion dan merupakan elang yang sangat unik dalam caranya mencari mangsa.

Elang ini mempunyai warna coklat kehitaman pada bab punggung dan sayapnya, dengan perut dan bab kepala berwarna putih abu-abu. Elang yang juga mempunyai nama Osprey ini mempunyai panjang badan sekitar 60 cm dengan rentang sayap mencapai 180 cm. Elang tiram menyukai habitat kawasan tinggal di sekitar danau atau bahari yang mempunyai banyak ikan.

Elang tiram mempunyai gaya berburu yang unik. Seperti jenis elang pemakan ikan lainnya, mereka akan terbang di atas air untuk mencari ikan yang sanggup ditangkapnya. Saat melihat ikan, elang tiram akan menukik tajam dan mencengkeram denga kukunya yang tajam. Namun yang unik adalah, elang ini bisa menyelam ke dalam air untuk menangkap mangsanya.

Elang-elang lain hanya akan menangkap ikan dari permukaan saja, cakarnya akan masuk air dan menggenggam mangsanya. Namun si elang tiram bisa menyelam ke dalam air untuk memburu mangsanya. Kemampuan yang tidak dimiliki jenis elang lain, oleh risikonya genus Pandion hanya beranggotakan elang tiram saja.

Walaupun elang tiram sangat menyukai ikan, namun mereka akan memburu hewan-hewan lain yang sanggup ditangkapnya. Burung, tupai, tikus dan mamalia kecil lainnya sanggup menjadi mangsa sampingan si elang tiram. 

Karena persebarannya yang luas dan jumlahnya yang masih cukup melimpah, status konservasi elang tiram yaitu LC (Least Concern). Namun belakangan ini populasinya menurun dengan drastis akhir perburuan yang dilakukan untuk tujuan perdagangan. 

Posting Komentar untuk "Keunikan Elang Tiram"