Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Plasmodesmata?

Plasmodesmata (tunggal: plasmodesma) yaitu akses kecil pada dinding sel tumbuhan yang menjadi penghubung antar sel yang bersebelahan. Membran plasma dari sel yang bersebelahan akan terhubung dan di dalamnya terdapat perpanjangan retikulum endoplasma serta sitoplasma. Retikulum endoplasma yang melewati plasmodesmata disebut dengan desmotubula. Plasmodesmata akan menjadi jalur komunikasi dan transportasi zat dari sel satu menuju sel lain.

Plasmodesmata sanggup muncul di seluruh bab dinding sel tumbuhan, atau pada sudut-sudut tertentu saja. Air dan molekul-molekul yang terlarut di dalam sitoplasma sanggup berpindah dari satu sel ke sel lainnya melalui akses ini. Perindahan air melalui akses dalam plasmodesmata disebut dengan transportasi simplas. Sedangkan perpindahan air melalui dinding sel disebut dengan transportasi apoplas.

 yaitu akses kecil pada dinding sel tumbuhan yang menjadi penghubung antar sel yang ber Apa itu Plasmodesmata?
Plasmodesmata pada sel

Plasmodesmata terbentuk dikala terjadi insiden pembelahan sel. Serat retikulum endoplasma sel yang membelah akan terperangkap dalam perkembangan dinding sel sehingga menjadikan sel anak yang terbentuk mempunyai akses yang terhubung. Selain pada sel yang hidup, plasmodesmata juga ditemukan pada sel-sel mati menyerupai pada sel-sel tempurung kelapa.

Pengamatan melalui mikroskop cahaya akan nampak plasmodesmata hanya sebuah garis kecil yang menghubungkan sel-sel yang bersebelahan. Sedangkan pengamatan dengan mikroskop elektron mengungkapkan struktur plasmodesmata sebagai suatu akses kecil dengan diameter antara 30 sampai 60 nanometer.

Posting Komentar untuk "Apa Itu Plasmodesmata?"